Tips Memilih Kontrakan yang Nyaman Untuk Ditempati

Tips Memilih Kontrakan yang Nyaman Untuk Ditempati

Masih banyak orang yang tidak memiliki rumah pribadi, dan akhirnya memilih mengontrak sebuah rumah. Kontrakan juga biasanya dihuni oleh para perantau atau orang yang pekerjaannya sering melakukan dinas. Sebelum memilih kontrakan, ada baiknya untuk mengikuti beberapa tips dibawah ini. Berikut adalah tips memilih kontrakan yang nyaman untuk ditempati:

1. Pilih Kontrakan Dengan Akses yang Mudah

Tips yang pertama ialah pilih kontrakan dengan akses yang mudah. Akses disini mengacu kepada banyak hal, seperti jalanannya, tempat umum, angkutan umum, dan lain-lain. Jika ingin mendapatkan kenyamanan, maka pilihlah kontrakan dengan akses yang mudah. Kontrakan dengan akses yang sulit hanya akan membuat lelah setiap harinya.

Seperti misalnya warung yang jauh atau jalanan yang sempit, pastinya hal tersebut sangatlah merepotkan dan membuat tidak nyaman. Selain untuk kenyaman, kemudahan akses juga dibutuhkan untuk efisiensi waktu. Semakin mudah akses, maka semakin efisien waktu yang digunakan.

2. Pilih Kontrakan yang Anti Banjir

Tips memilih kontrakan berikutnya ialah pilih kontrakan yang anti banjir. Maksudnya ialah cari daerah yang tidak pernah atau jarang terkena banjir, karena banjir dapat membuat rugi siapa saja. Untuk itu hindarilah kontrakan di daerah yang rawan atau terkenal menjadi langganan banjir.

Banjir sangatlah merepotkan dan melelahkan, bayangkan jika kontrakan yang ditempati kebanjiran pastinya akan sangat repot dan merugi. Jadi ada baiknya untuk mencari tahu terlebih dahulu kontrakan yang akan ditempati. Bisa dengan mencari tahu di internet atau langsung bertanya kepada warga sekitar.

3. Lakukan Survei

Tips selanjutnya ialah dengan melakukan survei. Hal ini berkaitan dengan tips sebelumnya, jadi survei dilakukan untuk mengetahui daerah disekitar kontrakan itu seperti apa. Jika ingin mengetahui daerah tersebut banjir atau tidak, maka bisa melakukan survei saat sedang musim hujan. Dengan melakukan survei ini pastinya seluk beluk kontrakan yang akan ditempati menjadi lebih jelas.

Tidak hanya itu, dengan melakukan survei juga dapat mengetahui lingkungan disekitar kontrakan yang akan ditempati. Jadi bisa mempertimbangkan, apakah lingkungan kontrakan itu cocok atau tidaknya tergantung diri masing-masing.

4. Sesuaikan Dengan Budget

Tips untuk memilih kontrakan berikutnya ialah dengan menyesuaikan budget yang ada. Jika memiliki budget untuk menyewa kontrakan selama setahun, maka carilah kontrakan yang disewakan per tahun. Namun jika hanya mampu membayarnya per bulan, maka carilah kontrakan yang disewakan perbulan. Pastikan untuk menyewa kontrakan yang sesuai dengan budget atau pendapatan masing-masing.

Terkadang ada beberapa orang yang memaksakan diri untuk menyewa kontrakan yang agak mahal, padahal budget yang dimilikinya tidak mencukupi. Tidak perlu malu jika hanya mampu menyewa kontrakan yang murah, daripada harus memaksakan diri dan akhirnya menunggak pembayaran kontrakan.

5. Pilih Kontrakan Dengan Lingkungan yang Aman

Tips untuk memilih kontrakan yang terakhir ialah dengan memilih kontrakan yang lingkungannya aman. Maksud dari aman disini ialah lingkungan tersebut tidak pernah kemalingan atau semacamnya. Untuk mengetahuinya bisa dari mendengar cerita orang sekitar atau mencari tahu di Internet. Jangan sampai memilih kontrakan dengan lingkungan yang tidak aman.

Karena bisa saja rumah kontrakan yang akan ditempati juga sudah diincar oleh para maling. Lingkungan yang tidak aman juga dapat membuat perasaan menjadi tidak nyaman dan merasa gelisah. Jadi pastikan kontrakan yang akan ditempati aman dari maling, agar tidak cemas dan was-was.

Itulah tadi beberapa tips memilih kontrakan yang nyaman untuk ditempati. Dengan mengikuti tips-tips di atas, dijamin akan menemukan kontrakan yang nyaman dan sesuai dengan selera. Pastikan untuk memilih kontrakan sesuai dengan keinginan hati, agar tidak merasa terbebani selama tinggal di kontrakan itu.