Situ Cilembang Destinasi Wisata Danau Jernih Bak Cermin

Situ Cilembang Destinasi Wisata Danau Jernih Bak Cermin

Salah satu tempat wisata yang hits dan ramai memenuhi sosial media adalah Situ Cilembang. Wisatawan sudah banyak yang mengenalnya. Bahkan banyak wisatawan luar provinsi yang mengunjungi tempat ini. Tak hanya itu, dulu tempat ini terkenal angker yang sekarang telah berubah drastis.

 

Situ Cilembang

Tempat wisata ini berbentuk danau dengan ukuran yang tidak terlalu lebar. Berada pada kawasan Sumedang, Jawa Barat, danau ini memiliki kedalaman kurang lebih tiga meter. Airnya jernih dan berwarna biru.

Tak heran jika banyak wisatawan yang menyebutnya dengan sebutan situ cermin. Itu terjadi karena airnya yang sangat jernih bak cermin. Sekilas permukaannya juga tampak seperti Labuan Cermin Kalimantan Timur.

Demi keamanan bersama, wisatawan tidak boleh melakukan aktivitas. Sebab kebersihan dan kejernihan air harus benar-benar terjaga. Mengapa? Karena danau ini juga merupakan sumber air warga sekitar.

Jika memang anda ingin merasakan kesegaran air Situ Cilembang, boleh untuk mencuci muka. Jangan sampai anda melakukan hal-hal yang bisa mencemari danau. Hal ini akan berdampak pada sumber air warga sekitar.

Setelah itu, anda bisa menikmati indahnya pemandangan yang terhampar indah. Mendengarkan burung-burung berkicau. Bahkan anda  juga bisa menikmati sejuknya udara sekitar danau yang masih asri.

Danau ini terletak pada kawasan terpencil. Tepatnya berada di Dusun Curug, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Dulu awalnya bukan wisata yang terkenal. Namun, karena ada yang mengunggah via sosmed akhirnya menjadi wisata yang terkenal.

Aktivitas Danau Cilembang

Danau yang menyuguhkan pemandangan unik memiliki banyak nama dari para netizen. Banyak orang yang menyebutnya Situ Cilembang, Sirah Cilembang, bahkan Danau Biru Hariang. Ada juga yang menamainya Labuan Cermin Sumedang. Ada-ada saja ya?

Keindahan yang banyak menjadi sorotan wisatawan adalah warna airnya. Warna air yang biru akibat pantulan langit yang cantik makin memberi kesan hidup pada danau ini. Belum lagi air yang jernih menampakkan keindahan dalam danau yang masih agak terjangkau.

Tak heran jika warga masih menggunakannya sebagai sumber air. Karena memang bersih dan terawat. Jarang anda temui danau yang sebersih ini.

Jangan Berkunjung pada Hari Jumat dan Selasa

Ada aturan yang menyebutkan bahwa sebaiknya tidak berkunjung ke danau pada hari Jumat dan Selasa.

Aturan ada bukan untuk melanggarnya, melainkan anda harus patuh dan nurut. Jadi, alangkah lebih baiknya jika anda tidak berkunjung ke Situ Cilembang sesuai aturan.

Sekarang memang belum banyak pengunjung yang datang. Entah untuk tahun-tahun mendatang. Bisa saja danau ini akan semakin terawat dan berkembang. Dengan begitu, bisa menjadi pariwisata yang terkenal.

Sejauh ini pengunjung kebanyakan dari kawasan Bandung dan sekitarnya. Namun juga ada satu dua pengunjung yang berasal dari luar kota. Mereka biasanya adalah para pecinta alam yang melakukan eksplore.

Memiliki Spot Foto yang Instagramable

Berkunjung ke situ Cilembang tidak adil jika tidak mengabadikan moment dengan pemandangan yang indah. Walaupun tempat ini masih sangat asri yang menyatu dengan alam, namun memiliki spot foto yang instagramable. Alam yang asri sangat mendukung anda untuk mendapatkan foto hits kekinian.

Penuhi feed Instagram dengan foto terbaru dengan pemandangan alam yang sejuk. Sambil berfoto, anda bisa melepas penat dengan suasana yang masih tenang. Udara segar akan menambah kesan romantis saat berfoto.

Situ Cilembang benar-benar pilihan tempat wisata bernuansa alam  yang pas menjadi pilihan. Jangan sia-siakan kesempatan jika berkunjung. Abadikan momen ceria anda bersama  keluarga.