Sebelum Menghubungi Jasa Edit Video, Coba 5 Cara Menambah Subtitle di Video Secara Mudah Menggunakan AegiSub

Sebelum Menghubungi Jasa Edit Video, Coba 5 Cara Menambah Subtitle di Video Secara Mudah Menggunakan AegiSub

Video berbahasa asing tidak akan dapat dinikmati oleh para penontonnya tanpa menyertakan subtitle. Terjemahan ini dapat disertakan dalam video dengan mudah menggunakan jasa edit video. Akan tetapi pengguna juga dapat memanfaatkan aplikasi AegiSub pada PC maupun laptop. Berikut 5 cara menambah subtitle di video yang dapat diterapkan saat menggunakan aplikasi AegiSub:

1. Bukan Aplikasi dan Masukkan Video yang Akan Diterjemahkan

Pengguna dapat mengunduh aplikasi AegiSub secara gratis pada halaman pencarian Google. Kemudian buka dan jalankan aplikasi AegiSub pada PC maupun laptop. Setelah aplikasi terbuka, akan ada beberapa pilihan menu di bagian atas. Pada menu Video, pilih Open Video untuk memasukkan video yang akan diterjemahkan.

2. Mengatur Tampilan Teks

Salah satu kelebihan AegiSub adalah dapat melakukan editing pada penulisan subtitle. Hal ini membuat tampilan subtitle lebih terlihat rapi dan berkelas. Aturlah warna, jenis teks, dan besarnya subtitle pada bagian Styles Manager. Aplikasi ini memfasilitasi pengguna dengan beragam pilihan editing yang mudah digunakan.

3. Menuliskan Terjemahan Sesuai Dialog

Tahapan ini memerlukan ketelitian lebih, sebab pengguna harus menerjemahkan tiap dialog satu per satu. Tulislah arti dialog dengan cara memutar video dan sesekali memberikan jeda tiap satu kalimat. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi kesalahan dalam menerjemahkan dialog pada video yang sedang diberikan subtitle.

4. Mengatur Penempatan Subtitle

Bila pengguna telah selesai menuliskan seluruh terjemahan, langkah selanjutnya adalah mengatur penempatan subtitle sesuai video. Pada bagian Video Box, teliti kembali ketepatan antara munculnya subtitle dengan dialog yang diucapkan pemain. Hal ini bertujuan agar penempatan subtitle sesuai dengan video, sehingga penonton tidak akan kebingungan ketika membacanya.

5. Menyimpan Hasil

Sebelum mengakhiri proses editing, ada baiknya pengguna meneliti kembali hasil subtitle yang telah dibuat. Cobalah untuk memutar video berkali-kali untuk melihat seberapa akurat penempatan subtitle. Setelah selesai, simpan subtitle dengan cara pilih menu File kemudian klik Save Subtitles as. Kini video dengan subtitle telah tersimpan pada perangkat komputer atau laptop.

Demikianlah 5 cara mudah dalam menggunakan aplikasi AegiSub sebagai bantuan untuk memberikan subtitle. Aplikasi ini akan sangat membantu pengguna dalam menerjemahkan sebuah video agar dapat dipahami penonton. Apalagi bila pengguna merupakan translator film ataupun drama yang mengerti berbagai bahasa asing.