Peluang Usaha Ternak Ayam Pelung Untuk Hasilkan Ayam Berkualitas

Peluang Usaha Ternak Ayam Pelung Untuk Hasilkan Ayam Berkualitas

Ayam pelung kini sudah tidak asing lagi untuk masyarakat. Salah satu unggas ini berasal dari Cianjur, Jawa Barat. Semakin hari usaha ayam pelung menjadi incaran orang untuk dijadikan ayam hias. Sehingga peluang usaha ternak ayam pelung kian meningkat seiring meningkatnya kebutuhan untuk ayam hias.

 

Peluang Usaha Ternak Ayam Pelung

Mereka yang hobi memelihara ayam hias akan terpikat dengan cara berkokoknya ayam yang dinilai cukup panjang dan unik. Selain itu, ayal pelung juga memiliki postur tubuh yang lebih besar dari kebanyakan ayam yang lainnya. Dengan adanya berbagai alasan kelebihan yang ayam pelung miliki, membuat orang-orang terjun untuk bisnis ayam pelung.

Dengan masa produksi kurang lebihnya 7 sampai 9 bulan dengan hasil telurnya hingga 14 butir untuk satu kali masa produksi. Untuk mulai beternak ayam pelung, sebaiknya cari ayam pelung dengan kualitas indukan yang terbaik untuk hasil ternak yang berkualitas.

Ciri-Ciri Ayam Pelung

Untuk membedakan ayam biasa dengan ayam pelung bisa dilihat dari postur tubuhnya yang besar dengan sayap yang kokoh dan lebat. Pada bagian lehernya panjang dan besar sekaligus memiliki bentuk kepala yang bundar. Apabila melihat bagian dadanya, maka akan terlihat kokoh dengan jengger besar dan kaku. Untuk bagian kaki ayam pelung ini lebih panjang dari ayam lainnya dan sangat kokoh.

Tips Ternak Ayam Pelung

Kalau tertarik untuk beternak ayam pelung, maka simak beberapa tips ini agar peluang usaha ternak ayam pelung anda bisa sukses dan menjadi usaha yang menjanjikan. Sudah dikatakan diatas jika harus memilih indukan yang berkualitas untuk hasil ternak terbaik. Sehingga cari indukan dari jawara atau paling tidak memiliki sifat yang bisa diturunkan kepada anaknya nanti. Apabila didapatkan dari indukan terbaik, maka akan lebih mudah untuk proses pemeliharaan sekaligus pelatihan untuk anakannya.

Asupan Makanan

Untuk menghasilkan ayam pelung yang berkualitas, maka menjaga asupan makanannya sangat penting dilakukan. Untuk menjaga kondisi ototnya, maka jaga kebutuhan protein dari hewani mentah. Asupan ini sangat berperan penting untuk membentuk kegagahan ayam pelung dan kualitas suaranya. Selain dari protein hewani mentah, maka asupan lain yang perlu diperhatikan adalah dari kacang-kacangan untuk hasilkan suara yang lebih renyah. Untuk suara lebih mulus dan tidak serak, maka berikan pisang kapok.

Kebersihan

Dari bagian kandangnya juga harus diperhatikan kebersihannya. Karena unggas ini termasuk yang sensitif jika ada kotoran. Sehingga pastikan selalu jika kandangnya nyaman dan bersih. Lakukan penjemuran ayam setiap pagi hari dan mandikan sebelum dijemur. Ayam pelung yang segar akan lebih aktif untuk berkokok di pagi hari. Inilah salah satu tips untuk sukses memasuki peluang usaha ternak ayam pelung.

Lendir Ayam

Berikan pakan ayam dengan campuran jamu yang terbuat dari kencur untuk lebih menjernihkan suaranya. Dengan pemberian jamu ini sekaligus untuk mencegah adanya lendir yang menyerang tenggorokan. Namun ada beberapa pendapat jika menggunakan belut dipercaya bisa mengurangi lendir ayam.

Reproduksi Ayam

Untuk menghasilkan anakan, maka dekatkan ayam pelung betina dengan jantannya secara terpisah untuk membiarkan kedua ayam berinteraksi. Nanti akan muncul sikap yang menunjukkan ketertarikan keduanya. Baru setelah terlihat tanda-tandanya, bisa dijadikan satu kandang untuk melakukan perkawinan.

Peluang usaha ternak ayam pelung akan mendatangkan kesuksesan jika memperhatikan tips tersebut. Dengan mempraktekkan tips, tentu akan mendapatkan ayam pelung yang memiliki suara unik dan postur tubuh yang bagus.