Mitos Ubi Cilembu, Hanya Manis Untuk Tanah Sumedang

Mitos Ubi Cilembu, Hanya Manis Untuk Tanah Sumedang

Mitos ubi cilembu secara turun-temurun jadi cerita yang hampir menjadi bahan konsumsi oleh warga cilembu dan sekitarnya. Sehingga, cerita yang turun-temurun ini pun tersebar dan berkembang tentang keistimewaan serta keunikan dari ubi cilembu tersebut.

Seperti sudah melegenda dan harus bisa mengakui jika akan membuktikan kebenaran dari cerita tersebut. Namun, tak sedikit yang belum mengetahui tentang mitos yang berkembang dalam masyarakat cilembu tersebut.

Mitos Ubi Cilembu

Mitos dari ubi cilembu ini berawal dari sebuah kisah legenda ubi cilembu Sumedang. Awal legenda yakni sebuah kisah penyamaran oleh seorang Pangeran Sumedang.

Sang Pangeran menyamar sebagai seorang kakek yang tua renta dan melakukan perjalanan atau blusukan ke sebuah desa yang bernama Cilembu.

Pada saat itu, Pangeran mendapati warga Cilembu sedang panen ubi. Kemudian, sang kakek tua tersebut memperoleh perlakukan yang sangat baik oleh warga. Ia pun mendapat suguhan ubi.

Dengan penuh rasa terima kasih karena telah menerimanya, Pangeran pun mengucapkan kalimat yang kini menjadi sebuah kenyataan. Mitos ubi Cilembu pun mulai berkembang dari mulut ke mulut.

Ucapan tersebut adalah, “ubi yang manis ini sangat legit dan kelak akan menjadi ubi yang dapat mengangkat serta mensejahterakan rakyat desa. Bahkan, ubi ini tidak dapat tumbuh di daerah lain”.

Selanjutnya, warga baru mengetahui jika sang kakek tersebut adalah Pangeran Sumedang. Hingga akhirnya, cerita tersebut menjadi sebuah legenda yang terus mengakar dalam masyarakat dan merupakan bagian dari mitos ubi cilembu.

Perkembangan Ubi Cilembu  

Sebelum tahun 80an, ubi belum menjadi sebuah produk yang memang sengaja untuk tanaman utama dalam bidang pertanian masyarakat Desa Cilembu. Ubi ini awalnya hanya sebagai tanaman silang saat para petani telah selesai menanam padi.

Bahkan, hasil dari panen mereka hanya untuk konsumsi sehari-hari selama masa paceklik, bukan seperti sekarang yang menjadi komoditas utama pertanian mereka. Penjualannya pun sudah sangat berkembang pesat.

Benarkah Ubi Cilembu Hanya Manis Untuk Tanah Sumedang?

Keunikan ubi cilembu hanya memiliki rasa manis dan legit jika media tanamnya dalam tanah Sumedang. Tepatnya Kecamatan Pamulihan Desa Cilembu.

Terdapat fakta jika ubi ini mereka tanam dalam tanah di luar Cilembu, kurang memperoleh hasil yang maksimal seperti hasil yang mereka dapat dari penanaman daerah Cilembu sendiri.

Mitos ubi cilembu ini terjadi karena tanah Cilembu mempunyai kandungan bakteri yang bagus, berlimpah, serta juga beraneka ragam. Sehingga dapat menghasilkan ubi madu yang manis secara alami dan juga unik.

Ubi Lembu Berperan dalam Kesehatan Tubuh

Tak hanya manis dan juga enak, ubi cilembu mempunyai kandungan nutrisi yang sangat kaya. Sehingga mampu meningkatkan kesehatan untuk tubuh.

Ubi cilembu ini juga rendah akan kalori serta kolesterol. Sebaliknya, ubi ini mempunyai kandungan serat yang tinggi, sehingga sangat cocok untuk membantu orang dalam menjalankan diet yang sehat.

Kandungan rasa manis yang terdapat pada ubi ini tak dapat menaikkan kadar gula darah sehingga sangat aman untuk konsumsi penderita diabetes. Selain itu, ubi cilembu juga memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamin B16 yang sangat penting untuk kesehatan tubuh.

Mitos ubi cilembu ini juga mendukung banyak orang mengkonsumsi ubi jenis ini agar mendapatkan tubuh yang sehat dan terhindar dari stress. Bahkan, banyak orang yang telah membuktikan tentang mitos yang berkembang tersebut, dan mereka harus mengatakan ‘iya’ untuk kebenaran mitos tersebut.