Mengenal Lebih Jauh Tentang Obligasi

Tentang Obligasi

Obligasi menjadi pilihan investasi yang masih digemari oleh para investor. Meskipun saat ini sudah banyak sekali pilihan investasi dan instrumen investasi, obligasi masih tetap memiliki penggemarnya. Lalu apa itu obligasi?. Obligasi atau dikenal juga sebagai surat utang merupakan bagian dari jenis surat berharga yang bisa diperdagangkan di bursa.

 

Bukan hanya perusahaan saja yang bisa mengeluarkan obligasi sebagai tambahan modal, namun negara juga sering kali menjual obligasinya kepada masyarakat. Dan tak jarang para investor juga memburu obligasi negara ini. Orang banyak yang suka berinvestasi di Obligasi salah satunya karena bunga yang diberikan obligasi cukup tinggi.

Plus Minus Investasi Obligasi

Setiap jenis investasi pasti ada kelebihan dan kekurangannya, begitu juga dengan obligasi. Berikut ini nilai plus dan minus dari investasi obligasi.

Nilai Plus dari Obligasi

  1. Besarnya bunga sudah jelas.
  2. Kuponnya lebih besar dari deposito.
  3. Bisa dijual kembali
  4. Mendapatkan capital gain

Nilai Minus dari Obligasi

  1. Kemungkinan terburuk perusahaan yang mengeluarkan obligasi gagal membayar.
  2. Terjadinya likuiditas, sehingga obligasi tidak bisa dijual lagi.
  3. Masa jatuh tempo terlalu lama.

Antara Obligasi atau Saham

Saham dan obligasi meskipun termasuk dalam jenis surat berharga, namun keduanya sangat berbeda. Obligasi umumnya dikeluarkan oleh perusahaan yang hampir bangkrut dan digunakan untuk membiayai kegiatan operasionalnya sehingga perusahaan tersebut bisa diselamatkan kembali. Sedangkan saham umumnya digunakan oleh perusahaan sebagai dana untuk memperluas usaha.

 

Jadi jelas, meskipun sama-sama surat berharga, keduanya diterbitkan dengan latar belakang perusahaan yang berbeda dan untuk tujuan yang berbeda pula. Saham akan menjadi bukti kepemilikan seseorang akan sebuah perusahaan yang mengeluarkannya. Sedangkan obligasi menjadi bukti bahwa perusahaan yang mengeluarkannya memiliki hutang dengan orang yang memegang obligasi tersebut.

Cara Mendapatkan Obligasi

Jika anda berniat untuk membeli obligasi, maka anda bisa mendapatkan obligasi itu di bursa efek. Cara agar anda bisa masuk ke bursa efek yaitu dengan membuka rekening di sebuah perusahaan sekuritas yang sudah terdaftar di Bursa dan memiliki legalitas yang jelas dari pemerintah. Pilihlah perusahaan sekuritas yang sesuai dengan dana investasi yang anda miliki.

 

Setelah anda membuka rekening di perusahaan sekuritas, barulah anda memiliki akses ke bursa. Anda bisa membeli saham atau obligasi dengan menggunakan aplikasi yang sudah disediakan oleh perusahaan sekuritas, karena saat ini hampir semua penjualan surat berharga seperti obligasi dan juga saham dijual secara online.

Leave a Comment