Kenali Apa Itu Guerilla Marketing Untuk Sukses berbisnis

Kenali Apa Itu Guerilla Marketing Untuk Sukses berbisnis
Sumber: delnext.com

Deskripsi : Informasi mengenai apa itu Guerilla Marketing, keuntungan, cara penerapannya,  hingga contoh perusahaan yang berhasil sukses. Temukan jawabannya di sini.

=====================================================================

Kenali Apa Itu Guerilla Marketing Untuk Sukses berbisnis
Sumber: delnext.com

 

Apa itu Guerilla Marketing? Bagi Anda yang berkecimpung dalam dunia bisnis, tentu sudah saatnya untuk mengenal secara lebih intens mengenai Guerilla Marketing.

Strategi marketing adalah hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan dalam mengembangkan segi profit bisnis. Ada banyak sekali metode yang bisa Anda implementasikan, termasuk Guerilla Marketing

Kali ini Anda dapat mengetahui secara lebih komprehensif mengenai Guerilla Marketing dimulai dari definisi, sejarah, tipe-tipe, hingga contoh perusahaan yang sukses menggunakan strategi ini.

Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya.

Definisi Guerilla Marketing

Guerilla Marketing dapat didefinisikan sebagai strategi advertising yang terfokus kepada sisi low-budgeting melalui cara-cara non konvensional, akan tetapi efektif memberikan keuntungan yang maksimal.

Pendapat lain mendefinisikan bahwa Guerilla Marketing merupakan taktik yang digunakan suatu perusahaan berupa interaksi non-konvensional dalam mempromosikan produk atau jasa yang mereka jual.

Secara sederhana, Guerilla Marketing lebih menekankan terhadap komunikasi personal kepada

Advertising sendiri merupakan salah satu media marketing yang cukup efektif untuk meningkatkan angka penjualan suatu produk.

Akan tetapi advertising atau pengiklanan membutuhkan alokasi biaya yang cukup besar. Menyikapi hal tersebut dibutuhkan sebuah metode advertising yang dapat menekan biaya secara efektif.

Sejarah Guerilla Marketing

Guerilla Marketing pertama kali diperkenalkan pada tahun 1984, seorang marketer bernama Jay Conrad Levinson.

Hal itu menyikapi kecenderungan konsumen yang mulai bosan dengan suguhan iklan konvensional yang selalu diterapkan.

Jay mencoba untuk menginterpretasikan gaya pengiklanan yang jauh lebih unik, fresh, dan efektif mendapatkan perhatian masyarakat. Kendati demikian, cost yang dikeluarkan dapat ditekan seefektif mungkin.

Jay menekankan 4 aspek utama dalam Guerilla marketing antara lain mengejutkan, unik, out of the box, dan cerdas/kreatif.

Keuntungan Menggunakan Metode Guerilla Marketing

Setidaknya ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan metode Guerilla Marketing, diantaranya :

1. Biaya yang Murah

Salah satu aspek yang ditawarkan oleh Guerilla Marketing adalah biaya yang sangat rendah. Pelaku usaha tidak perlu merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal.

2. Lebih Cepat Viral dan Dikenal Publik

Tentu salah satu tujuan pemasaran adalah supaya produk yang kita ciptakan dapat dikenal oleh masyarakat luas. Sehingga potensi untuk mendapatkan keuntungan akan jauh lebih besar.

Dengan menerapkan Guerilla Marketing, campaign akan jauh lebih mudah untuk viral. Apalagi jika Anda memanfaatkan perkembangan teknologi dan internet seperti saat ini, salah satunya adalah media sosial.

3. Membangun Koneksi dan Kemitraan

Dalam penerapannya, Guerilla Marketing sangat bergantung dengan situasi yang ada dalam kehidupan sosial masyarakat.

Untuk itu Anda harus membangun koneksi dengan para pelaku usaha lokal hingga organisasi supaya campaign dapat berjalan lebih efektif. Tidak hanya itu, konektivitas membantu menggaet konsumen lebih banyak lagi.

4. Unik dan Mudah Diingat

Dengan eksekusi yang baik, Guerilla Marketing mampu mengikat emosi konsumen dan menimbulkan kesan positif serta minat terhadap suatu produk.

Tipe-tipe Guerilla Marketing

Guerilla Marketing sendiri memiliki beberapa jenis/type yang perlu Anda ketahui, diantaranya :

  • Ambient Marketing

Tipe yang pertama adalah ambient marketing, yakni memanfaatkan situasi dan kondisi di lingkungan sekitar sebagai objek. Seperti tempat duduk di taman, grafiti pada, dan masih banyak lagi.

Ambient Marketing
Sumber: delnext.com
  • Viral atau buzz Marketing

Tipe yang kedua adalah viral atau buzz marketing. Anda bisa melakukannya dengan cara membuat sebuah campaign yang dapat memicu perhatian dan pembicaraan publik.

Salah satu contoh Guerilla Marketing di Indonesia adalah kisah “gantung panci” dari chef senior Ibu Sisca Soewitomo.

Foto ia menggantung panci di laman instagram pribadinya memicu spekulasi publik bahkan menjadi bahan pembicaraan.

Publik menganggap ia akan pensiun dari dunia memasak, padahal tindakan tersebut hanyalah sebuah promosi layanan pesan antar makanan online..

Viral atau buzz Marketing
Sumber: food.detik.com
  • Stealth Marketing

Untuk jenis yang satu ini, promosi atau campaign dilakukan secara tersirat, bahkan tidak disadari oleh masyarakat.

Banyak sekali contoh produk-produk yang telah melakukan strategi Guerilla Marketing jenis ini, salah satunya Mini Cooper di film “Italian Job”.

  • Ambush Marketing

Jenis Guerilla Marketing yang satu ini biasanya dilakukan oleh perusahaan memanfaatkan event atau ceremony yang menjadi perhatian masyarakat banyak. Padahal perusahaan tersebut bukan sponsor resmi dari perhelatan acara.

Biasanya event-event yang paling sering menjadi sasaran ambush marketing adalah pertandingan olahraga, konser musik, dan masih banyak lagi.

Ambush Marketing
Sumber: designrush.com

 

Tips Menerapkan Guerilla Marketing Secara Efektif

Di sisi lain, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu tips-tips dalam mengeksekusi Guerilla Marketing supaya dapat berjalan efektif sesuai yang diharapkan.

Berikut ini adalah tipsnya :

1. Tentukan Target Konsumen yang Akan Dituju

Aspek pertama dalam menjalankan sebuah strategi marketing, tentu Anda harus mengetahui segmentasi konsumen yang akan dituju. Seperti anak muda, ibu rumah tangga, atau pegawai kantoran.

Sesuaikan pula dengan produk yang akan Anda jual.

2. Manfaatkan Emosi dan Pengalaman Seseorang

Buatlah campaign yang dapat menyentuh emosi. Untuk tips yang satu ini, Anda bisa menggunakan teknik periklanan berdasarkan pengalaman yang dialami oleh banyak orang.

Campaign tersebut akan menciptakan sebuah pengalaman yang lebih berkesan di mata para konsumen.

3. Sisipkan Kreatifitas

Tentunya kreativitas menjadi aspek yang wajib dimiliki jika Anda ingin menerapkan Guerilla Marketing. Anda bisa mengimplementasikannya dalam bentuk gambar poster, campaign video, dan masih banyak cara lainnya.

Nah Anda bisa melihat beberapa contoh berikut ini…..

Kreatifitas
Sumber: delnext.com

4. Sisipkan Call to Action

Selain itu, sisipkan pula Call to Action untuk mengajak masyarakat atau konsumen untuk melakukan tindakan sesuai yang kita inginkan. Seperti membeli produk atau menjaga lingkungan.

Selain itu jangan lupa untuk menyisipkan pesan dengan singkat dan jelas. Supaya dapat dipahami dengan baik oleh pembaca.

5. Tentukan Media Campaign yang Tepat

Tentunya Anda harus menentukan media pemasaran yang tepat. Dimulai dari media online, konvensional, dan masih banyak lagi.

Namun satu hal yang sangat penting, di era digital seperti saat ini website menjadi hal yang wajib dimiliki oleh para pelaku bisnis di sektor apa pun. Sebab, orientasi masyarakat luas kini telah beralih ke dunia online atau internet.

Anda bisa memasarkan serta memberikan informasi selengkapnya melalui website. Seperti jenis produk atau jasa, harga, hingga informasi transaksi atau pemesanan.

Untuk Anda yang ingin membuat website untuk bisnis, layanan hosting dari DomaiNesia bisa menjadi pilihan.

Salah satu penyedia hosting murah di Indonesia ini menyediakan berbagai fitur layanan yang bisa Anda nikmati seperti gratis domain dan SSL, unlimited bandwidth, SSD super cepat, dan masih banyak lagi.

domainesia.com

Cocok untuk Anda yang ingin menjalankan sebuah bisnis. Untuk informasi mengenai layanan produk yang lebih lengkap Anda bisa mengunjungi situs resminya di domainesia.com.

Penutup

Kini Anda telah mengetahui apa itu Guerilla Marketing. Dari penjabaran diatas, metode campaign dan promosi yang satu ini dapat dengan efektif meningkatkan keuntungan bisnis yang Anda miliki…

Kendati demikian, Anda tetap harus menerapkan cara-caranya dengan baik.