Kampung Wisata Toga, Destinasi Lengkap yang Penuh Keindahan

Kampung Wisata Toga, Destinasi Lengkap yang Penuh Keindahan

Kampung wisata Toga berada di ketinggian 650 meter di atas permukaan laut. Tak heran jika tempat ini biasa digunakan untuk para pilot gantole berlatih.

Tempat ini terkenal dengan keindahan alam dan merupakan tempat olahraga paralayang. Berbagai event olahraga menggunakan tempat ini sebagai venue, salah satunya ajang PON XIX.

Selain dijadikan sebagai lokasi event olahraga, tempat ini juga menjadi destinasi wisata. Banyak wisatawan lokal maupun wisatawan dari luar Kota Sumedang berdatangan ke tempat ini.

Ketika senja, panorama di tempat ini sangat menawan. Terhampar persawahan, perbukitan, Gunung Tampomas, hingga kawasan perkotaan.

Mengenal Lebih Jauh Kampung Wisata Toga

Tempat ini berada di Jalan Makam Cut Nyak Dien, Gunung Puyuh, Desa Sukajaya, Sumedang, Jawa Barat. Sumedang yang terkenal dengan tahunya ini ternyata menyimpan sebuah tempat wisata mengagumkan.

Jalur tempat ini masih searah dengan komplek pemakaman Gunung Puyuh. Di dalamnya terdapat makam pahlawan nasional, Cut Nyak Dhien.

Sangat disayangkan jika anda berada di Kota Sumedang, namun tidak mengunjungi tempat ini. Karena selain dapat melihat keindahan yang tiada duanya, anda juga dapat berziarah ke makam pahlawan wanita Indonesia.

Fasilitas

Pengunjung tak sekedar dimanjakan oleh pemandangan bukit dan gunung, tetapi fasilitas-fasilitas juga telah disediakan. Tidak lain sebagai penunjang kenyamanan wisatawan.

Kolam renang merupakan salah satu fasilitas yang disediakan. Terdapat kolam untuk anak-anak dan juga orang dewasa.

Kampung wisata Toga juga menyediakan fasilitas berupa tempat makan. Umumnya menyajikan masakan khas Sunda seperti nasi liwet, nasi timbel, bajigur, dan lainnya.

Bagi anda yang gemar memancing, disana juga disediakan lokasi pemancingan yang berada di puncak bukit Kampung Toga. Lokasi pemancingan tersebut dikelilingi kebun buah-buahan dan tanaman obat keluarga.

Fasilitas berupa villa juga tersedia bagi anda yang ingin bermalam disana. Dengan biaya sewa mulai dari 300 ribuan hingga jutaan, tergantung tipe dan kapasitas.

Tempat ini juga menyediakan fasilitas-fasilitas umum lainnya. Seperti area parkir, toilet, mushola, dan fasilitas umum lainnya.

Rute ke Tempat Wisata

Selain menyajikan keindahan alam, tempat wisata ini jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat Kota Sumedang. Jaraknya sekitar 2 km dari arah selatan pusat kota.

Untuk rute perjalanan, anda bisa keluar tol Cileunyi dan ambil arah menuju ke Jatinangor. Lalu teruskan menuju ke Tanjungsari dan Cadas Pangeran.

Setelah kalian menemukan Bunderan Polres Sumedang, belok ke kanan menuju kompleks Makam Gunung Puyuh. Nantinya kalian akan melihat papan nama Kampung Toga. Yang berarti bahwa anda telah sampai di kampung wisata Toga.

Jika anda masih bingung, anda bisa menggunakan bantuan Google Maps. Tenang saja, lokasi tempat wisata ini masih mudah dijangkau.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

Untuk tiket masuk tempat wisata ini gratis. Dengan kata lain, anda tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali.

Meskipun begitu, pihak pengelola telah menetapkan harga tiket untuk fasilitas-fasilitas tertentu. Seperti kolam renang yang dikenakan tarif Rp20.000 per orang

Bagi anda yang ingin mencoba serunya wahana paralayang, anda harus mengeluarkan biaya sebesar Rp150.000-Rp250.000.

Untuk tarif di atas bisa berubah sewaktu-waktu, mengikuti kebijakan dari pihak pengelola. Lalu untuk jam buka, tempat ini buka setiap hari mulai dari pukul 08.00-22.00 WIB.

Demikian informasi mengenai kampung wisata Toga, tak ada salahnya anda memasukkan tempat wisata ini ke dalam list destinasi wisata anda. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda dan semoga liburan anda menjadi pengalaman yang tak terlupakan.