Tanpa Tekan Tombol Kombinasi dan Gesture, Begini Cara Screenshot Samsung A21s

Cara Screenshot Samsung A21s

Anda yang sudah terbiasa dengan smartphone keluaran Samsung sudah tak asing lagi dengan bagaimana membuat tangkapan layar (screenshot). Seperti biasanya, Anda memang bisa menggunakan tombol kombinasi fisik untuk membuat screenshot. Samsung juga memiliki gesture khusus menggunakan telapak tangan untuk opsi cara lainnya. Namun berbeda dengan cara screenshot Samsung A21s yang justru menggunakan Assistant Menu.

Bagaimana Cara Screenshot Samsung A21s Tanpa Kombinasi Tombol?

Anda masih bisa menggunakan kombinasi mbol fisik volume down (-) dan tombol power secara bersamaan hingga terdengar suara shutter untuk mengambil screenshot pada Samsung A21s. Bedanya, smartphone keluaran Juni 2020 ini menggunakan opsi Assistant Menu untuk mengambil tangkapan layar.

Namun ada beberapa situasi dimana menekan kedua tombol ini secara bersamaan menjadi tidak memungkinkan. Oleh karena itu, Samsung menghadirkan fitur yang dapat membantu pengguna melakukan fitur ini saat tidak bisa menekan kedua tombol tersebut secara bersamaan. Tak salah jika kemudian fitur ini dikategorikan sebagai pembantu atau asisten.

  1. Untuk mengakses fitur ini, silakan Anda buka setelan atau Settings
  2. Dari dalam setelan tersebut, lihat ke tab Accessibility
  3. Scroll hingga Anda masuk ke menu Interaction and Dexterity
  4. Aktifkan Assistant Menu yang ada di dalam menu tersebut
  5. Setelah fitur ini aktif, maka Assistant Menu akan ditampilkan di layar smartphone di atas tampilan aplikasi yang sedang Anda gunakan
  6. Saat ingin mengambil screenshot, silakan ketuk Assistant Menu lalu pilih Screenshot
  7. Layar akan berkedip diikuti suara shutter yang menjadi tanda bahwa screenshot diambil
  8. Silakan Anda lihat hasil screenshot dari notifikasi atau di Gallery

Anda juga bisa mengambil tangkapan layar panjang (scroll screenshot) yang biasanya digunakan untuk mengambil halaman panjang sebuah dokumen dan website. Seperti biasa, Anda juga bisa edit dan membagikan screenshot tersebut langsung ke teman maupun orang lain via media sosial, email maupun aplikasi yang lain. Tentu saja cara screenshot Samsung A21s ini tetap praktis mengingat Assistant Menu juga menawarkan akses cepat ke berbagai fitur lain secara instan.

Sumber : Ponselive.com