Gunakan Cara Scan Dokumen ke PDF dengan Cepat dan Mudah

Cara Scan Dokumen ke PDF – Banyak orang yang belum tahu dan paham ketika akan memindai atau scan suatu dokumen tercetak, tanpa menggunakan scanner. Sebab membeli peralatan untuk scan tersebut, belum tentu efisien. Namun saat ini sudah ada cara scan dokumen ke pdf, tanpa scanner. Bahkan, tidak butuh keahlian tertentu untuk scan dokumen tersebut.

Praktis dan Cepat

Untuk mengubah format dokumen kebanyakan orang masih memanfaatkan aplikasi seperti Windows-Fax -and-Scan. Namun sayangnya format yang dihasilkan masih dalam bentuk gambar, baik Jpg maupun Tif. Sehingga diperlukan proses lanjutan untuk menguahnya ke dalam format pdf.

Tentunya hal tersebut sangat merepotkan dan cukup menyita waktu. Apalagi jika dibutuhkan dalam waktu yang cukup mendesak. Namun saat ini sudah ada cara scan dokumen ke pdf yang cukup praktis dan mudah dilakukan oleh orang awam. Untuk memformatnya ke dalam bentuk pdf dilakukan dengan cara sebagaimana berikut:

1. Menggunakan Fax and Scan

Apabila memiliki alat scanner, dapat langsung dihubungkan ke perangkat PC maupun laptop. Di mulai dengan langkah pemindaian dan langsung merubahnya ke dalam format pdf, dengan langkah sebagai berikut:

  • Buka program window-Fax-and-Scan dan mulai klik New-Scan.
  • Pilih opsi documents pada menu profile.
  • Lanjutkan memilih jenis untuk pemindainya dengan klik  “Feeder” untuk format PDF.
  • Lakukan pengaturan untuk warna dan resolusinya sebelum proses menscan dilaksanakan.
  • Setelah proses scanning selesai, lanjutkan penyimpan file pdf tersebut dan beri nama.
  • Selanjutnya klik Save.

2. Gunakan CMC Image Scanner

Selanjutnya, untuk cara scan dokumen ke pdf dengan memanfaatkan CMC-Image-Scanner, aplikasi yang dapat diunduh lewat Play Store. Kemudian install aplikasi tersebut ke smartphone. Selanjutnya pilih menu Scan Now, lalu arahkan kamera smartphone di atas dokumen untuk di scan. Ulangi proses scanning, apabila hasilnya belum sempurna atau kurang tepat.  

Perhatikan tanda yang bentuknya seperti segi 4, yang dapat dimanfaatkan untuk memperlebar atau mempersempit area yang akan di scan. Klik scan, apabila sudah merasa pas, lau simpan dengan klik Save Scan. Pilih simpan ke dalam format pdf dan klik OK.

3. Memakai CamScanner

CamScanner, merupakan aplikasi  untuk smartphone yang dapat dimanfaatkan untuk scan dokumen. Aplikasi yang dapat diunduh via Play Store ini dikenal cukup praktis penggunaanya. Diawali dengan menyiapkan dokumen atau berkas yang hendak di scan.

Kemudian arahkan kamera dan posisikan berkas atau dokumen tersebut, hingga tampak rapi. Mulai lakukan proses scan dan simpan dokumen tersebut dengan memilih share pdf ke dalam memori smartphone. Sebagai persiapan untuk digunakan kapan saja.

4. Pakai Foxit Reader

Pemanfaatan teknologi komputer saat ini sudah cukup bagus perkembanganya. Bahkan perangkat PC maupun laptop sudah menjadi kebutuhan di era serba digital. Sehingga cara scan dokumen ke pdf  pun cukup mudah dengan memanfaatkan perangkat PC maupun laptop. Apalagi dengan memanfaatkan aplikasi Foxit Reader, sebagaimana langkah berikut ini:

  • Diawali dengan membuka aplikasi Foxit Reader, kemudian klik tab Home, pilih From Scanner
  • Selanjutnya klik Scanner Printer, lalu pilih color mode dan paper size serta resolusi yang diinginkan.
  • Lanjutkan pilih dan klik new document dan klik scan serta save as, apabila selesai prosesnya.

5. Gunakan Nitro Pro

Nitro Pro juga merupakan aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk scan dokumen. Sehingga aplikasi ini dapat menjadi pilihan selain Foxit Reader. Menggunakan cara atau langkah yang hampir sama sebagaimana berikut:

  • Di mulai dengan membuka aplikasi Nitro Pro
  • Kemudian klik Home, lalu  pilih dan klik  PDF>From Scanner>Good Quality.
  • Selanjutnya lakukan pengaturan sesuai keinginan, mulai dari printer-scanner
  • Kemudian klik Save and Scan, jika proses scan selesai

Demikian praktisnya cara scan dokumen ke pdf dari MOXY yang dapat dimanfaatkan dengan cepat dan mudah. Tentunya hal ini akan sangat membantu, berkaitan dengan kebutuhan administrasi  dan tugas, yang harus disampaikan dalam bentuk file pdf. Bahkan dengan cara ini, orang awam pun bisa melakukannya dengan mudah.  

Leave a Comment