Cara Scan Barcode di HP Oppo Tanpa Aplikasi Beserta Fungsinya

Pernahkah melihat kode batang di suatu tempat atau kemasan? Dan sudah tahukah bagaimana cara scan barcode di HP Oppo tanpa aplikasi? Berikut ini akan dijelaskan langkah-langkahnya sekaligus fungsi adanya kode tersebut. Agar mengerti bahwa itu bukan hanya sebagai pajangan saja tapi juga memiliki kegunaan tertentu.

Fungsi Adanya Barcode

Barcode atau yang kadang dikenal dengan nama Kode QR memang memiliki kegunaan tertentu. Adanya kode tersebut memberikan kemudahan dalam menerima dan memberikan informasi secara simpel. Bahkan juga bisa digunakan untuk membayar sebuah transaksi jual beli di supermarket. Fungsi lainnya akan dijelaskan berikut ini:

1. Digunakan Sebagai Media Promosi

Benarkah kode batang dapat dipakai sebagai media promosi? Buktinya hal itu dipraktekkan pada kemasan makanan atau minuman yang sering dilihat. Cara ini akan memudahkan para pelanggan untuk memperoleh informasi terkait produk tersebut hanya dengan men-scan-nya. Terkadang, barcode juga dipakai untuk mempromosikan suatu destinasi wisata.

2. Menjadi Kartu Nama

Sudah bukan jamannya lagi kartu nama yang bermodel seperti biasanya. Karena sekarang bisa dimodifikasi dengan menggunakan kode QR. Semua data diri bisa dicantumkan secara lengkap dalam sebuah barcode. Informasi terkait nama lengkap, alamat, akun sosial media, dan jabatan di kantor dapat diketahui dengan memindai kode tersebut.

3. Menghubungkan ke Jaringan WiFi

Ternyata barcode juga berfungsi untuk membagikan jaringan WiFi kepada pengguna lainnya. Perangkat lain dapat tersambung hanya dengan memindai kode QR yang diberikan oleh si pemilik koneksi tersebut. Namun harus berhati-hati, karena hal ini memungkinkan adanya pengambil data dan pencurian password sehingga bisa diubah oleh orang lain.

Cara Memindai Barcode di HP Oppo

Setelah mengetahui kalau kode QR itu memiliki peran penting, sekarang adalah saatnya untuk menjelaskan cara scan barcode di HP Oppo tanpa aplikasi. Agar dapat mengetahui data serta informasi penting yang ada di dalamnya. Simaklah langkah-langkah yang akan diberikan di bawah ini:

1. Bukalah Browser untuk Scan Barcode

Karena tidak menggunakan aplikasi, maka pengguna harus memindainya secara online melalui situs yang memberikan manfaat tersebut. Banyak website yang tersedia, namun di sini akan diberikan langkah-langkah scan barcode melalui Webqr. Bukalah UC Browser atau Google Chrome yang ada. Lalu pada kolom pencarian, tuliskan alamat https://webqr.com/.

2. Aktifkan Kamera HP Oppo

Agar bisa memindai barcode yang ada di televisi, kemasan makanan, atau transaksi pembayaran, pengguna harus mengaktifkan kamera di ponselnya terlebih dahulu. Pada tampilan awal situs Webqr tersebut, ada tempat yang digunakan menangkap kode batang. Tekan tulisan Allow untuk mengizinkan dan mulailah men-scan.

Arahkan kamera HP Oppo ke kode batang yang akan di-scan. Pastikan barcode tertangkap secara tepat dan pas sesuai tempat yang telah disediakan. Setelah berhasil dipindai, pengguna akan diarahkan ke sebuah halaman baru yang mana berisi data dan informasi yang ada di dalam kode QR.

3. Klik Link Barcode

Informasi yang ditampilkan dari hasil pemindaian biasanya berupa link yang mengarahkan ke sebuah situs tertentu. Seperti sebuah barcode yang terdapat di undangan dan menunjukkan peta suatu lokasi. Nantinya, akan ada tautan di bawah kode. Yang mana, jika pengguna menekannya maka akan diarahkan secara otomatis ke laman Google Map.

Demikian penjelasan mengenai cara scan barcode di HP Oppo tanpa aplikasi dengan mudah. Selain itu juga sudah diberikan beberapa fungsi penting dari kode QR tersebut. Sehingga, jika menemukannya di tempat tertentu, pengguna dapat segera melakukan pemindaian dan mengetahui informasi apa yang ada di dalamnya.

 

Leave a Comment