Cara Menyembunyikan Foto Di iPhone, iPad, iPod, dan Mac

Smartphone adalah alat yang dapat membantu menyelesaikan urusan apapun. Maka dari itu, menjaga data pribadi pada HP adalah hal yang penting. Mengetahui cara menyembunyikan foto di iPhone, iPad, iPod Touch, dan Mac dapat membantu untuk terjaganya data privasi pada HP.

Kejahatan pencurian data pribadi adalah kejahatan yang sangat serius. Ada berbagai dampak yang dapat terjadi. Mulai dari kerugian secara meteril hingga penyalahgunaan identitas oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Untuk itu, artikel kali ini akan membahas cara menyembunyikan foto untuk melindunga data.

Tanpa Aplikasi

Fitur menyembunyikan foto telah dimiliki oleh iOS versi 14. Dengan demikian pengguna iOS 14 tidak perlu repot lagi menginstal aplikasi pihak ketiga. Adapun cara pengaplikasiannya adalah sebagai berikut:

1. iPhone, iPad, dan iPod Touch

Pada dasarnya cara menyembunyikan foto di iPhone, iPad, dan iPod Touch memiliki prinsip kerja yang sama. Pengguna dari perangkat tersebut hanya perlu mencari foto yang hendak disembunyikan. Kemudian, tap opsi bagikan dan pilih sembunyikan. Konfirmasi tindakan dan foto akan otomatis tersembunyi dari galeri dan sebagainya.

2. Mac

Prinsip kerja menyembuyikan foto pada Mac, sedikit berbeda. Mungkin karena perangkatnya yang memiliki sifat berbeda dengan perangkat sebelumnya. Mac atau Macintosh temasuk kedalam golongan komputer pribadi. Yang sudah pasti secara sistem berbeda dengan perangkat sebelumnya.

Cara kerja untuk menyembunyikan foto pada Mac, sangatlah simple. Pengguna hanya perlu mempersiapkan foto yang hendak disembunyikan. Tahan tombol CTRL dan klik foto. Pilih opsi sembunyikan. Atau melalui menu bar. Pilihlah foto dan pilih sembunyikan. Bisa juga dengan menahan tombol Command dan tombol L.

Dengan Aplikasi

Jika pengguna tidak memiliki versi iOS 14 maka dianjurkan untuk mendownload aplikasi pihak ketiga untuk melakukan hal ini. Hasil kerjanya pun tidak begitu jauh dengan tanpa aplikasi. Berikut beberapa apliksai menyembunyikan foto dan cara pengaplikasiannya:

1. KYMS

Aplikasi ini hanya dapat dinikmati oleh pengguna iPhone dan iPad. Memiliki tampilan yang menarik, yaitu serupa dengan kalkulator. Tampilan tersebut dapat mengecoh sejumlah pencuri data yang beraktifitas. KYMS juga tidak hanya berguna untuk melindungi foto, tetapi juga video, kontak, dan lain sebagainya.

KYMS memiliki dua versi, yaitu versi gratis dan berbayar. Adapun cara pengaplikasia keduanya tetap sama. Pengguna hanya perlu membuat kode password sebanyak 4 digit. Ketika ingin mengakses file yang tersebunyi, pengguna hanya perlu memasukan 4 digit kode password tersebut dan mengetuk tombol ( = ).

2. KeepSafe

Seperti pada aplikasi sebelumnya, KeepSafe dirancang untuk pengguna iPhone dan iPad. KeepSafe tidak bertindak menyamar seperti aplikasi sebelumnya. Justru sebaliknya, KeepSafe menunjuka dirinya sebagai aplikasi penyimpanan privat. Meskipun begitu, KeepSafe memiliki kelebihan yaitu dapat menyimpan dokumen langsung dari penyimpanan Cloud.

Untuk menggunakan KeepSafe, pengguna hanya perlu membuat 4 digit kode password dan email sebagai keamanan tambahan. Selain itu, KeepSafe memiliki sebuah kemampun spesial, yaitu dengan adanya fitur TouchID sebagai keamanan tambahan. KeepSafe memiliki tampilan yang bersih dan terorganisir.

3. Secret Folder

Aplikasi satu ini dikhususkan untuk pengguna Mac. Sesuat dengan namanya, aplikasi ini memiliki fungsi menyembunyikan folder. Tidak hanya foto, file lain seperti video, musik, dan dokumen, dapat disembunyikan dengan aplikasi ini. Aplikasi ini berbayar sekitar 30 sampai 40 dolar.

Untuk penggunaanya, pengguna hanya perlu menambahkan folder yang hendak disembunyikan ke dalam aplikasi. Bisa melalui kotak dialog atau drag and drop. Di dalam aplikasi, akan terdapat switch visible dan invisible yang akan memudahkan untuk menampilkan dan menyembunyikan folder.

Data adalah komponen penting yang tidak boleh diperlakukan secara sembarangan. Di dalam data terdapat banyak informasi yang menyangkut identitas diri sendiri bahkan orang lain. Dengan cara menyembunyikan foto di iPhone, iPad, iPod, dan Mac dari MOXY diharapkan dapat meningkatkan Kesadaran akan pentingnya menjaga privasi.

Leave a Comment