Cara Mengunci Aplikasi HP Oppo Tanpa Software Tambahan

Untuk menjaga privasi dalam sebuah ponsel, bisa menggunakan cara mengunci aplikasi HP Oppo yang mudah dilakukan. Tidak akan ada lagi yang bisa membuka-buka pesan atau hal rahasia di dalamnya. Selain itu, semua tahapannya bisa langsung dilakukan hanya dengan memanfaatkan fitur yang terdapat di handphone, tidak memerlukan software apa pun, berikut penjelasannya:

Mengunci Aplikasi di Hp Oppo Lawas

Buat yang masih menggunakan Hp Oppo versi lama, ada cara-cara yang akan dijelaskan tentang mengunci Hpnya. Pastikan semua tahapannya dilakukan dengan benar, sehingga tidak ada lagi orang yang bisa membuka aplikasi di dalam handphone. Kerahasiaan pun akan tetap terjaga dan aman dengan langkah berikut:

1. Buka Aplikasi Security Center

Untuk smartphone android Oppo yang keluaran lama, fitur pengunci aplikasi terletak pada software yang bernama Security Center. Ini merupakan aplikasi bawaan dari Hp dan tidak perlu mengunduh dan menginstalnya. Pengguna dapat menemukannya di menu ponsel atau tampilan home screen. Setelah menekan ikonnya, akan diarahkan ke laman awal dari perangkat ini.

2. Aktifkan Fitur App Encrypt

Agar bisa mengamankan aplikasi dari orang-orang yang kepo, pertama kali harus mengaktifkan fitur App Encrypt. Caranya sangat mudah. Lihatlah slider pada menu tersebut, lalu geserlah ke kanan agar dalam mode On. Setelah itu, pengguna diharuskan menentukan metode yang dipakai untuk mengunci. Terdapat dua pilihan, yaitu pattern encrypt dan password encrypt.

3. Pilih Aplikasi yang Akan Dikunci

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan yaitu menentukan aplikasi mana sajakah yang akan diberi pengaman. Pengguna bisa memilihnya lalu tekan Enable. Setelah itu, pengguna akan disuruh membuat kode keamanan sesuai yang telah dipilih tadi. Bisa menggunakan pattern atau berupa kata sandi. Namun yang lebih aman yaitu menguncinya dengan memakai finger print.

Mengunci Aplikasi di HP Oppo Baru

Pembahasan berikutnya ini adalah cara mengunci aplikasi HP Oppo versi terbaru. Tidak jauh berbeda memang. Namun software yang digunakan tentunya memiliki fitur-fitur yang sudah di upgrade dari sebelumnya. Menu yang disediakan juga lebih beragam. Berikut ini penjelasan langkah-langkahnya, yaitu:

1. Buka Aplikasi Phone Manager

Dalam Hp Oppo keluaran baru ini, fitur untuk mengamankan aplikasi terletak di software bernama Phone Manager. Perangkat ini ditandai dengan logo berbentuk perisai dan diberi warna hijau. Lalu pada bagian dalamnya terdapat simbol seperti petir. Pengguna juga bisa langsung membukanya hanya dengan menekan ikonnya di menu home screen.

2. Pilih Aplikasi yang Ingin Dikunci

Sebelum berlanjut ke langkah selanjutnya, pengguna harus memilih menu Privacy Permissions untuk bisa mengunci aplikasi. Lalu, klik di bagian App Lock. Pada tampilan inilah, ditentukan aplikasi mana saja yang akan diamankan sehingga tidak dapat dibuka oleh orang lain. Jika sudah menentukan pilihan, tinggal menyetujuinya dengan menekan Enable Encryption.

3. Buat Kode Keamanan

Langkah terakhir yang perlu dilakukan yaitu membuat kode sebagai keamanan dari aplikasi yang dikunci. Smartphone android Oppo versi baru ini memberikan beberapa pilihan yang bisa digunakan oleh penggunanya. Dapat menguncinya menggunakan sidik jari, 4 digit nomor PIN atau password, dan juga dapat memakai pola yang dihubungkan.

Hal yang lebih menjamin keamanan lagi, bagi pengguna smartphone Oppo dengan tipe F5 juga F5 Youth, dapat membuat kunci berupa facial unlock. Jadi, aplikasi bisa dibuka hanya dengan mengarahkan layar handphone ke wajah. Canggih bukan? Cara ini juga dianggap aman karena kunci tidak akan mendeteksi jika itu bukan pemiliknya sendiri.

Demikian penjelasan mengenai cara mengunci aplikasi Hp Oppo dengan mudah khusus dari MOXY. Setelah melakukan semua langkahnya, tidak akan ada lagi yang bisa membuka handphone jika tidak mengetahui kunci yang sudah dibuat. Privasi juga akan semakin terjaga dari orang-orang yang kepo dengan urusan lainnya.

Leave a Comment