Cara Mengetahui WhatsApp yang Dihapus dengan Mudah

Tentu banyak yang pernah mengalami kejadian baru membuka chat di WA namun ada tulisan “pesan ini telah dihapus” Sangat menjengkelkan bukan? Tenang saja, karena sekarang sudah ada cara mengetahui WhatsApp yang dihapus dengan mudah dan efisien. Dua cara di bawah ini bisa dipraktekkan agar bisa melihat kembali pesan-pesan yang ditarik oleh pengirim, antara lain:

Mengetahui Whatsapp yang Dihapus Menggunakan WhatsRemoved+

Untuk menggunakan cara pertama ini pengguna akan dibantu oleh aplikasi pihak ketiga bernama WhatsRemoved+. Langkah-langkahnya tidak sulit. Tapi harus diperhatikan dengan seksama agar Whatsapp yang dihapus oleh pengirim bisa terdeteksi. Sehingga tidak akan merasa ingin tahu lagi dengan isi pesan tersebut. Berikut ini caranya:

1. Unduh Aplikasi WhatsRemoved+

Temukanlah aplikasi ini di Google Play Store yang ada dalam smartphone masing-masing. Pada kolom pencarian ketikkan WhatsRemoved+ dan tunggu hasilnya keluar. Tekan tombol bertuliskan Instal, lalu biarkan proses download berjalan hingga selesai. Nantinya, secara otomatis software ini akan terpasang di perangkat dan bisa digunakan untuk melihat WA yang ditarik.

Development Colors memang menawarkan fitur ini agar bisa mendeteksi pesan-pesan yang dihapus. Bahkan, sampai sekarang WhatsRemoved+ telah digunakan lebih dari 10 juta orang dengan 150 ribu ulasan. Ukurannya tergolong kecil, hanya 4,6 MB saja. Pihak pengelola juga menjamin privasi dari Whatsapp pengguna dengan tidak mengirim informasi ke server eksternal.

2. Buka WhatsRemoved+

Setelah WhatsRemoved+ berhasil terinstal, sekarang adalah saatnya membuka aplikasinya dan melakukan beberapa konfigurasi. Pada tampilan awal, pengguna akan diminta untuk mengizinkan software ini merekam semua notifikasi. Jadi, geser slider ke arah kanan. Lalu, melakukan pengaturan yang berikutnya.

Disediakan pilihan aplikasi yang akan direkam oleh WhatsRemoved+ dan pilihlah kolom WA. Nantinya, software ini tidak menyimpan semua notifikasi, hanya dari yang dipilih oleh pengguna secara manual. Selain itu, tentukan pula dimana folder untuk menyimpan pesan-pesan tersebut. Jika sudah selesai, akan ada pemberitahuan jika terdapat pesan yang ditarik.

Mengetahui WA yang Dihapus Tanpa Aplikasi

Berikut ini adalah cara mengetahui WhatsApp yang dihapus oleh pengirim tanpa harus menginstal aplikasi tambahan. Jadi, sangat cocok bagi yang ingin menghemat ruang penyimpanan. Semua langkah-langkahnya hanya memanfaatkan WA yang telah digunakan tersebut. Berikut ini penjelasannya:

1. Cadangkan Pesan WhatsApp

Pihak WhatsApp memang melakukan pencadangan semua chat secara otomatis setiap pukul 02.00 dini hari. Pada file yang tersimpan di folder WA bernama Database. Namun, pengguna juga bisa mengerjakannya manual dengan menuju ke menu Setelan. Pilihlah fitur Chat lalu gulir ke bawah hingga menemukan tulisan Cadangan. Ada beberapa pengaturan di situ.

Pengguna bisa atur waktu pencadangan, harian, mingguan, atau bulanan. Jika ingin melakukan secara manual, maka bisa langsung menekan tombol Cadangkan yang diberi latar belakang hijau. Namun sebelum itu, harus menentukan akun email yang dipakai. Tunggu hingga prosesnya selesai dan cek di penyimpanan Google Drive.

2. Ekspor Chat

Cara ini mungkin tidak banyak yang mencoba. Hal ini karena yang bisa diekspor hanya dari satu riwayat pengguna dan harus melakukannya satu per satu. Langkah-langkahnya yaitu masuk ke Setelan lalu pilih Chat. Gulir layar ke bawah dan klik Riwayat Chat. Pilihlah menu Ekspor Chat dan tentukan kontak mana yang ingin dikirim pesannya ke Google Drive ataupun email.

3. Copot Pemasangan WA

Setelah melakukan cara-cara di atas, langkah terakhir yaitu mencopot pemasangan dari Whatsapp. Tahan ikonnya beberapa saat dan pilih Uninstall. Jika sudah, pengguna dapat mengunduhnya lagi dari Google Play Store. Saat login dengan akun yang sama, akan muncul opsi restore. Klik kolom tersebut dan chat yang dicadangkan tadi akan muncul.

Itulah beberapa cara mengetahui WhatsApp yang dihapus dari MOXY, baik menggunakan bantuan pihak ketiga atau tidak. Pilihlah tips yang paling mudah sehingga pesan yang ditarik oleh pengirim dapat diketahui

Leave a Comment