5 Cara Mengatasi Google Play Terhenti Pada Android

Saat memakai Hp Android, pengguna memerlukan berbagai aplikasi sesuai kebutuhannya. Untuk bisa mendapatkan aplikasinya, pengguna bisa mendownloadnya melalui Google Play. Namun saat digunakan, terkadang Google Play terhenti tiba-tiba. Begini cara mengatasi Google Play terhenti yang bisa dicoba, yaitu:

1. Atur Tanggal dan Waktu Saat Ini

Pengaturan waktu memang berdampak pada penggunaan Google Play. Pengguna yang melakukan pengaturan waktu secara manual terkadang tidak sesuai dengan kondisi waktunya saat itu. Maka dari itu, jika ada pilihan pengaturan waktu secara otomatis, lebih baik pilih saja yang otomatis. Dengan begitu, Google Play bisa membaca Hp dan menghubungkannya dengan layanannya.

Cara untuk mengaturnya bisa melalui pengaturan. Kemudian pilih tanggal dan waktu dan atur sesuai dengan zona waktu yang ditempati. Jika di Indonesia maka pilih zona waktu GMT+7. Kalau ada pengaturan otomatis maka pilih saja. Kemudian coba buka kembali Google Play nya.

2. Matikan dan Nyalakan Hp

Cara sederhana juga bisa dilakukan dengan cara melakukan restart Hp yaitu dengan mematikan kemudian menghidupkan kembali Hp nya. Hal ini perlu dilakukan karena saat tiba-tiba Google Play terhenti, terkadang Hp sedang dalam kondisi lagging, sehingga beban Hp dalam kondisi berat. Maka dari itu perlu di refresh dengan cara restart.

Langkah mudahnya yaitu apabila Hp tidak bisa di undo ke layar beranda, maka lakukan minimize. Kemudian keluarkan secara paksa. Tekan tombol home di sebelah kiri atau kanan Hp agak lama. Muncul pilihan matikan daya dan boot ulang. Pilih yang boot ulang atau restart. Tunggu hingga proses selesai. Kemudian coba buka kembali Google Play nya.

3. Hapus Cache dan Data Google Play

Data yang menumpuk bisa membuat kinerja Hp menjadi berat, termasuk Google Play. Hal ini yang membuat Google Play menjadi berhenti secara tiba-tiba. Apabila pengguna sering membuka dan mendownload aplikasi melalui Google Play, maka cache dan data akan bertambah banyak. Maka dari itu, pengguna perlu menghapus data cache dan data aplikasi.

Pengguna bisa menghapusnya melalui pengaturan. Buka pengaturan kemudian pilih aplikasi, cari Google Play. Jika sudah ketemu, buka dan lakukan hapus cache. Sebenarnya dengan menghapus cache saja sudah bisa membuat Google Play sudah bisa dibuka lagi. Namun, apabila masih belum bisa, pengguna perlu menghapus data Google Play.

4. Lakukan Pembaruan Google Play

Penyebab dari Google Play yang tiba-tiba berhenti yaitu bisa dikarenakan Google Play sudah kadaluarsa. Aplikasi yang sudah kadaluarsa memiliki kinerja yang tidak stabil. Cara mengatasi Google Play terhenti dalam kondisi ini yaitu pengguna perlu melakukan pembaruan atau update.

Pembaruan bisa dilakukan dengan cara masuk ke akun Google Play, pilih titik tiga pada sisi kiri. Kemudian pilih setting atau pengaturan. Cari auto update apps atau pembaruan aplikasi otomatis. Setelah itu pengguna akan diminta untuk memilih nyalakan pembaruan jika Hp terhubung dengan WiFi saja atau saat terhubung dengan koneksi lainnya.

5. Kembalikan ke Versi Awal

Google Play yang sudah di update memang bisa menjadi solusi. Namun ada kalanya pembaruan malah tidak sesuai dengan spesifikasi Hp. Akhirnya membuat Google Play malah tidak bisa digunakan setelah di update. Saat kondisi seperti ini, pengguna bisa mencoba cara mengembalikan Google Play ke versi sebelumnya. Mungkin saja lebih cocok dengan Hp.

Caranya yaitu melalui pengaturan pada Hp. Masuk ke pengaturan kemudian pilih pengelola aplikasi, cari Google Play. Setelah itu, coba lihat bagian bawah yang ada tulisan uninstall pembaruan. Pilih yang itu, maka Google Play akan kembali ke versi sebelum dilakukan pembaruan.

Demikian 5 cara mengatasi Google Play terhenti dari moxy.co.id yang patut dicoba. Jika ada langkah-langkah yang tidak sama, bisa dikarenakan Hp yang digunakan memiliki fitur berbeda. Namun secara umum masih bisa dilakukan di semua Hp.

Leave a Comment