Cara Mendaftar Aplikasi Zoom serta Penggunaan Aplikasi yang Tepat

Masa Pandemi, aktivitas berkumpul dan saling bertemu secara langsung sangat dibatasi. Baik sekolah maupun pekerjaan lainnya sebisa mungkin dari rumah alias dilakukan daring. Zoom menjadi salah satu aplikasi ‘penyelamat’. Berikut ini cara mendaftar aplikasi Zoom serta penggunaan aplikasi ini dengan tepat:

Cara Mendaftar Aplikasi Zoom

Tentu saat ini keberadaan teknologi sangat dibutuhkan manusia. Salah satunya untuk saling terhubung satu dengan yang lain tanpa adanya interaksi langsung. Berikut cara mendaftar aplikasi Zoom yang mudah dipraktekkan:

1. Mendownload Zoom

Zoom merupakan salah satu aplikasi, oleh karena itu pengguna harus dipastikan memiliki aplikasi ini sebelum memulai pendaftaran. Untuk itu, bisa langsung download di playstore atau sejenisnya jika pengguna setia android.

Buka Playstore dan lanjut ketik di bagian pencarian dengan kata kunci “zoom”. Selanjutnya bisa langsung download dan install agar aplikasi terpasang dengan baik di HP yang digunakan.  Namun, jika ingin mendaftar melalui website juga bisa. Terlebih dahulu pengguna wajib mengunjungi laman di zoom.us.

2. Memasukkan Alamat Email

Proses yang akan dibahas selanjutnya sama, bisa dipraktekkan oleh penggunaan zoom melalui perangkat HP ataupun PC. Setelah berhasil mendownload dan install aplikasi, pengguna baru wajib memasukkan alamat email. Tentunya dengan menggunakan alamat email aktif.

Selanjutnya bisa menuliskan nama belakang maupun depan pengguna. Data nama tersebut yang akan muncul ketika sedang melakukan zoom meeting. Sehingga jika tujuan pembuatan Zooming untuk pekerjaan dan sekolah, pastikan menggunakan nama yang sesuai.

3. Me;ngonfirmasi Ulang Data dan Aktivasi

Setelah berhasil membuat nama yang sesuai. Maka akan terdapat kotak kosong dengan bagian sampingnya bertuliskan Terms of Service. Pengguna harus mencentang kotak tersebut dan lanjut untuk sign up.

Tunggu beberapa saat, sistem akan mengirimkan konfirmasi data melalui email yang sebelumnya didaftarkan. Oleh karena itu, cek pesan di email dan akan muncul tulisan Activate Account. Klik tulisan tersebut sehingga pengguna telah berhasil mengaktifkan akun Zoom.

4. Membuat Password yang Sesuai

Selanjutnya demi keamanan data, akun maupun aktivitas di dalamnya, pada proses pembuatan akun di aplikasi ini bisa membuat password. Usahakan menggunakan kombinasi yang sulit terdeteksi orang lain. Agar hanya pengguna saja yang bisa membukanya.

5. Masuk Akun

Pendaftaran sudah selesai setelah pengguna berhasil memasukkan password. Kemudian tidak ada salahnya untuk mencoba masuk akun Zoom. Caranya dengan buka aplikasi, selanjutnya masukkan alamat email sesuai yang didaftarkan. Begitu pula dengan password yang telah dibuat sebelumnya.

Penggunaan Aplikasi Zoom

Aplikasi ini memang sangat tepat dijadikan sebagai salah satu media dalam pembelajaran anak-anak sekolah. Oleh karena itu, para pengajar harus lebih paham bagaimana cara penggunaan aplikasi ini terlebih saat menjadi host. Untuk itu klik Start kemudian pilih bagian My Personal Meeting ID.

Kemudian pilih Invite Others, proses ini sebagai langkah untuk mengundang peserta zoom. Undangan ini bisa dilakukan dengan mengirimkan email ataupun menyalin link yang kemudian bisa dishare di grup WA kelas. Jika sudah waktunya memulai Zoom, sebagai host bisa mencentang lock meeting. Agar proses pembelajaran lebih kondusif. Dan untuk mengakhiri kegiatan di aplikasi ini silahkan klik bagian End Meeting for All.

Demikian itu cara mendaftar aplikasi Zoom serta penggunaan aplikasi zoom yang tepat rekomendasi tim MOXY. Tidak ada alasan untuk meniadakan pembelajaran.  Kegiatan belajar mengajar yang dulunya tatap muka antara siswa dan guru hari ini harus ditunda sementara waktu, namun dengan adanya jaringan internet dan aplikasi semacam ini bisa teratasi.

 

Leave a Comment