Cara Menambahkan Ram HP Android

Bagi pengguna smartphone, kehabisan memori internal untuk menyimpan file sudah menjadi hal biasa. Begitu juga dengan ram yang memiliki fungsi yang mirip dengan memori internal. Lalu bagaimana cara menambahkan ram HP Android? Sebenarnya untuk menambah ram tidak bisa dilakukan sendiri. Hanya saja pengguna bisa mengelola ram agar berfungsi dengan maksimal dan tidak cepat habis.

Banyak sekali penyebab yang bisa menyebabkan ram cepat habis. Penyebabnya antara lain dokumen, gambar atau file yang tersimpan terlalu banyak. Selain itu, terdapat aplikasi yang tetap berfungsi di latar belakang. Banyaknya aplikasi yang terpasang beserta sampah yang jarang dibersihkan juga jadi penyebab ram penuh. Berikut cara untuk memaksimalkan kerja ram:

1. Mengatur Wallpaper

Siapa yang masih menggunakan wallpaper berjalan? Jika ingin mengoptimalkan fungsi penyimpanan ram, maka kebiasaan itu harus segera diubah. Siapa sangka jika wallpaper tersebut bisa mengurangi kapasitas ram. Sebaiknya gunakan wallpaper satu saja karena jika ram habis, Android jugu menjadi lemot. Selain itu baterai tentunya akan cepat habis.

2. Menghapus Aplikasi yang Kurang Penting

Banyak sekali pengguna Android yang sering menginstall aplikasi tetapi jarang digunakan. Apalagi aplikasi tersebut tidak pernah dibuka. Sebaiknya aplikasi tersebut segera dihapus untuk mengoptimalkan penyimpanan pada ram. Cara menghapusnya yaitu tekan lama pada aplikasi yang akan dihapus lalu pilih ununstall. Selain itu juga bisa melalui pengaturan dan pilih copot aplikasi.

3. Menghentikan Aplikasi

Bagi para pengguna Android yang sayang dengan aplikasi untuk diuninstall, maka cara termudahnya adalah dengan menghentikan aplikasi tersebut sementara waktu. Dengan menghentikan aplikasi tersebut, tidak akan ada lagi aktifitas aplikasi yang berjalan di latar belakang. Sehingga tidak ada sampah yang dihasilkan dan bisa memaksimalkan kerja ram.

Lantas, bagaimana cara menghentikan aplikasi tersebut? Pertama buka pengaturan, kemudian scroll ke bawah dan klik manajemen aplikasi. Lalu, pilihlah aplikasi yang ingin dihentikan. Setelah itu klik “paksa berhenti”. Tidak akan ada notifikasi dari aplikasi tersebut kecuali pengguna menggunakan atau masuk lagi ke aplikasi.

4. Menggunakan Smart Booster Pro-Pengoptimal

Cara menambahkan ram HP keempat yaitu dengan menggunakan aplikasi. Sebagian besar Android memiliki kapasitas memori yang kecil, dengan menggunakan aplikasi ini pengguna bisa mengoptimalkan penyimpanan memori atau ram. Melalui aplikasi ini, task Android akan menghentikan aplikasi berprioritas rendah untuk memberikan kesempatan task yang berprioritas tinggi. Apalagi fitur di aplikasi ini?

Selain itu, masih banyak fitur yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna. Manfaat fitur-fitur tersebut diantaranya untuk membersihkan SD card dan cache dengan cepat. Smart Booster ini bisa diunduh di Google Play Store dengan gratis. Aplikasi ini banyak sekali peminatnya, terbukti lebih dari 10 juta kali aplikasi ini diunduh. Tertarik untuk mencobanya?

5. Menggunakan One Booster

Aplikasi satu ini tentunya sudah tidak asing lagi, terlihat dari banyaknya aplikasi ini diunduh di Google Play Store. Fungsi utama dari aplikasi ini yakni untuk membantu mengoptimalkan kerja penyimpanan, salah satunya adalah ram. Selain itu, aplikasi ini juga bisa untuk pengoptimalan daya baterai, menghapus sampah, membersihkan sampah dll.

Itulah lima cara menambahkan ram HP di Android dari MOXY yang perlu untuk dicoba. Jangan tergesa membawa ke tempat servis HP jika belum mencoba kelima cara di atas. Gunakan ram dengan efektif dan rajin mengecek fungsinya agar tidak sampai kehabisan memori. Bersihkan sampah, file, gambar, aplikasi yang sudah tidak dipakai lagi.

Leave a Comment