Simpel, Inilah 5 Cara Memutar Video Sambil Membuka Aplikasi Lain di Android

HP Android dewasa ini sudah tak hanya memiliki fungsi sebagai alat komunikasi. Di dalam Android  juga banyak alat penunjang produktivitas, hiburan, bahkan aktivitas belajar. Ketika menyaksikan Youtube, terkadang ada kebutuhan untuk membuka aplikasi lain yang notifikasinya muncul. Berikut ini beberapa cara memutar video sambil membuka aplikasi lain di Android, yaitu:

1. Mengizinkan Fitur PIP untuk Youtube

Pada beberapa HP Android terbaru, video Youtube dapat diputar secara picture-in-picture. Hal ini bisa dilakukan dengan membuka aplikasi Youtube, lalu kemudian tutup aplikasinya dan tidak perlu dihapus dari aplikasi terbaru. Kemudian buka menu “Settings”, lalu pilih menu “Apps”. Setelah itu lanjutkan cara memutar video sambil membuka aplikasi lain di android.

Pengguna bisa pilih Youtube dan scroll ke bagian bawah. Kemudian klik opsi “Picture-in-picture”. Lalu izinkan Youtube menggunakan fitur PIP. Pengguna Android lama dapat menerapkan cara memutar video  sambil membuka aplikasi lain di Android selanjutnya.

2. Menggunakan Browser yang Mendukung PIP

Menonton video dari sumber internet, bisa diakses juga lewat situs di browser. Sebagaimana pada browser Google Chrome,  pengguna dapat memutar video lalu memunculkan video tersebut dengan tampilan PIP. 

Caranya, pengguna membuka situs video yang diinginkan, bisa Youtube, Vimeo, atau dari sosial media seperti Facebook atau IG. Ketika memutar video yang ditonton, pengguna cukup menekan dan menahan tombol home agak lama. Setelah itu, video akan tampil PIP di layar utama HP.

3. Mengunduh Awesome Pop-Up Video

Aplikasi ini memang mendukung tampilan PIP ketika menonton video. Pengguna dapat membuka video dari situs internet dengan membuka situsnya dari aplikasi ini, lalu memilih tampilan pop-up video. Setelah itu, video bisa diputar dengan tampilan pop-up yang bisa diatur letaknya di layar utama.

4. Menggunakan Fitur Split Screen

Beberapa Hp dengan Android 8.0 ke atas, memiliki fitur split screen atau belah layar. Meski demikian, perbedaan merek Hp memungkinkan perbedaan pula pada cara mengaktifkannya. Cara yang umum digunakan adalah ketika aplikasi video yang diputar diakses melalui recent apps. Kemudian pada menu, pengguna memilih split screen. Selanjutnya video akan diputar dengan dua aplikasi lain di layar yang terbelah tampilannya.

Beberapa Hp juga menggunakan cara dengan menekan dan menahan lama tombol recent apps yang akan memunculkan layar beranda untuk membuka aplikasi lain. Cara lainnya adalah menggeser agak lama layar dari arah bawah ke atas dengan tiga jari.

5. Memakai Video Player dari Pihak Ketiga

Cara selanjutnya adalah mengunduh MoboPlayer atau VLC dari Play Store ataupun toko aplikasi bawaan dari Hp. MoboPlayer menggunakan window untuk menampilkan video dari internet yang bisa diakses dari dalam aplikasi. Dalam video ada tanda plus (+) untuk membesarkan jendela aplikasi dan tanda min (-) untuk mengecilkan tampilan video sehingga berupa PIP yang bisa disesuaikan ukurannya.

Player video dari VLC dapat menampilkan video pop-up dengan pengaturan aplikasi pada setelan Hp. Pada menu apps, pengguna memberi akses izin pada pilihan PIP. Setelah mencentang izin aplikasi, pengguna dapat membuka aplikasi dan memilih opsi tampilan PIP di layar beranda. Video dari internet maupun galeri dapat diputar dengan tampilan pop-up.

Itulah penjelasan cara memutar video sambil membuka aplikasi lain di Android versi moxy.co.id. Melalui cara tersebut, aplikasi lain yang dijalankan sebaiknya  disesuaikan lagi dengan RAM dan baterai yang dikonsumsi layar. Selain aplikasi yang berjalan bersamaan, fokus pengguna juga terbagi dua ketika menatap layar Hp.

Leave a Comment