Cara Membuka Situs Yang Diblokir Menggunakan VPN dengan Mudah

Mencari segala jenis informasi melalui internet merupakan hal yang biasa dilakukan pada saat ini. Namun, tak jarang beberapa situs di web ada yang diblokir karena alasan keamanan dan sebagainya. Pengguna ponsel dapat tetap membuka situs dengan beberapa cara, termasuk cara membuka situs yang diblokir menggunakan VPN yang ada.

VPN atau Virtual Private Network dapat membantu untuk mengakses situs web yang diblokir. Ada beberapa ponsel yang sudah terinstall VPN bawaan, ada juga yang harus mengunduhnya terlebih dahulu di Google Play Store. Berikut ini cara menggunakan VPN untuk mengakses situs yang diblokir:

1. Mengunduh Aplikasi

Beberapa ponsel memang ada yang dilengkapi dengan fitur Virtual Private Network bawaan, sehingga pengguna hanya perlu mengaktifkannya saja. Namun, tak sedikit juga ponsel yang masih belum memiliki fitur VPN tersebut. Apabila cara membuka situs yang diblokir menggunakan VPN tak cukup dengan fitur aplikasi bawaan, maka harus menggunakan aplikasi lain.

Oleh sebab itu, pengguna harus mengunduhnya terlebih dahulu melalui Google Play Store. Tersedia banyak pilihan yang bisa diunduh, cobalah untuk melihat rating serta ulasan dari pengguna lainnya untuk mengetahui kualitas dari aplikasi. Pastikan unduh aplikasi VPN yang memiliki fitur sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

2. Memberi Izin

Apabila aplikasi telah diunduh, ketika pengguna pertama kali membuka tidak akan langsung masuk aplikasi. Biasanya, pengguna terlebih dahulu akan menerima pemberitahuan untuk memberi izin ke aplikasi.

Aplikasi akan memunculkan beberapa pemberitahuan terkait apa saja yang akan diakses oleh pihak aplikasi, seperti mengakses folder pada ponsel dan beberapa data lainnya. Pengguna pun bisa saja tidak memberi izin kepada aplikasi apabila beberapa data dirasa tidak perlu diakses oleh aplikasi. Tenang saja, data yang lebih pribadi tidak akan diakses oleh aplikasi yang terpercaya.

3. Mengaktifkan VPN

Kemudian, jika akses telah diberikan oleh pengguna ke aplikasi, pengguna bisa mengaktifkan VPN itu. Ada beberapa VPN yang bisa langsung diaktifkan tanpa memilih opsi lainnya, namun, ada juga yang perlu opsi lainnya. Sama halnya seperti aplikasi VPN bawaan dari ponsel yang dipakai.

Setelah diberi izin, pengguna bisa langsung memakai VPN tanpa harus memilih negara atau pun opsi lainnya. Namun, tentu saja ada kekurangan dan kelebihan antara aplikasi bawaan dan yang diunduh melalui Google Play Store. Pengguna dapat memilih aplikasi mana yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

4. Memilih Negara

Bagi aplikasi yang diunduh melalui Google Play Store, terdapat beberapa pilihan lainnya sebelum aplikasi benar-benar siap untuk digunakan. Terdapatnya opsi untuk memilih negara disebabkan ada beberapa situs yang diblokir di negara itu, tetapi tidak jika di negara lainnya.

Pengguna hanya perlu memilih negara mana yang akan dipakai untuk penyamaran pada Proxy. Apabila negara telah dipilih, maka sistem akan menganggap jika pengguna merupakan pengunjung yang berasal dari negara yang dipilih.

5. Mengakses Situs

Setelah itu, pengguna bisa langsung menggunakan VPN sepenuhnya setelah melakukan langkah sebelumnya. Pengguna dapat mencoba untuk mengakses situs yang sebelumnya diblokir.

Terdapat banyak situs yang diblokir oleh beberapa negara karena alasan keamanan negara. Ada pula situs yang tidak diperbolehkan untuk diakses oleh pengguna di bawah umur yang dapat menyebabkan dampak negatif.

Penggunaan VPN dapat memiliki banyak dampak positif maupun negatif bagi beberapa orang yang memakainya. Adapun cara membuka situs yang diblokir menggunakan VPN hanya merupakan salah satu untuk mengakses situs diblokir tersebut. Masih terdapat cara lainnya yang bisa digunakan untuk mengakses situs diblokir, bahkan bisa dilakukan tanpa aplikasi VPN. Demikianlah artikel dari redaksi MOXY Indonesia, semoga bermanfaat.

 

Leave a Comment