5 Cara Membuka Situs yang Diblokir Tanpa Aplikasi di iPhone

Saat ini, pemerintah melalui Kominfo telah memutuskan untuk membatasi sejumlah website yang dinilai bisa memberikan dampak buruk. Hal ini tentu saja menyulitkan para pengguna internet yang sering berselancar di website tersebut. Sebenarnya, ada beberapa solusi agar pengunjung bisa membobol website yang diblokir. Berikut ini adalah 5 cara membuka situs yang diblokir tanpa aplikasi di iPhone, antara lain:

1. Menggunakan VPN

Cara membuka situs yang diblokir tanpa aplikasi di iPhone yang paling mudah adalah dengan menggunakan VPN. Tapi, karena disini konteksnya tanpa menggunakan aplikasi, maka pengguna dapat menggunakan fitur VPN bawaan dari iPhone. Setiap iOS memang dilengkapi dengan VPN bawaan pengaturan untuk terhubung ke jaringan lain.

Dengan menggunakan VPN, pengguna bisa membuka restriksi website dengan mudah. VPN bekerja dengan cara mengganti lokasi pengguna ke lokasi lain, sehingga tidak terdeteksi oleh provider. Cara ini sudah biasa digunakan oleh para pengunjung website terlarang. Untuk membuka VPN di iPhone, pengguna cukup pergi ke ‘Setting’, lalu masuk ke menu ‘General’, dan klik ‘Add VPN Configuration’.

2. Mengganti DNS

DNS atau Domain System Name  menerjemahkan nama domain yang dapat dibaca manusia (misalnya, www.amazon.com) ke alamat IP yang dapat dibaca mesin (misalnya, 192.0.2.44). Para provider internet biasanya menggunakan DNS privat untuk memblokir situs-situs tertentu. DNS milik provider ini sangat tertutup dan tidak bisa diakses secara sembarangan.

Untuk mencegah DNS memblokir konten, pengguna bisa mengganti DNS privat menjadi DNS publik. Ada beberapa DNS publik yang dapat digunakan, diantaranya adalah Cloudflare 1.1.1.1 dan Google Public DNS. Untuk menggantinya, pengguna bisa membuka browser lalu pergi ke pengaturan. Lalu masuk ke menu ‘Security’ dan ganti DNS menjadi DNS Publik. Setelah itu, website akan otomatis terbuka dari blokir.

3. Menggunakan Web Proxy

Web proxy adalah sebuah situs yang berguna untuk membypass situs-situs yang terlarang. Simpelnya, website ini bisa mengubah IP dari pengguna tanpa harus menggunakan VPN atau mengubah proxy. Minusnya, Web proxy ini biasanya hanya bisa bekerja untuk satu buah tab dan harus digunakan secara berulang jika ingin membuka tab lain.

Ada beberapa web proxy yang dapat ditemukan di internet, salah satunya adalah proxysite.com. Ini adalah situs yang sangat sederhana tetapi mampu memberikan efek yang luar biasa. Pengguna cukup mengunjungi alamat proxysite.com dan ketikkan alamat situs yang diblokir pada kolom di halaman utama. Klik enter, dan otomatis pengguna bisa mengakses situs yang diblokir tadi.

4. Memakai Ekstensi 

Terkadang, penyedia Proxy & VPN juga menyediakan ekstensi browser web untuk memungkinkan pengguna mengakses konten yang diblokir dari dalam browser tanpa memerlukan konfigurasi tambahan apa pun. Tidak seperti web proxy, di mana pengguna dibatasi dalam satu tab browser, ekstensi biasanya bekerja di seluruh browser

Ekstensi biasanya hanya bekerja pada perangkat komputer, namun pengguna juga bisa menggunakannya di ponsel. Tapi, pengguna diharuskan menggunakan browser Yandex karena hanya browser ini yang mendukung mode ekstensi. Setelah browser Yandex terunduh, buka aplikasinya dan kunjungi halaman resmi dari ekstensi Chrome. Pilih ekstensi yang diinginkan dan klik ‘Add’.

5. Menggunakan Browser Opera

Browser Opera merupakan salah satu browser yang sering digunakan untuk mengunjungi website terlarang. Pasalnya, browser ini memiliki VPN bawaan didalamnya yang bisa dinyalakan hanya dengan menggeser bar onoff. Browser Opera sangat ringan untuk ponsel dan bisa diunduh secara gratis di App Store.

Demikian tadi 5 cara membuka situs yang diblokir tanpa aplikasi di iPhone versi moxy.co.id. Dengan adanya penjelasan ini, diharapkan bisa membantu para pembaca yang kesulitan dalam mengunjungi website yang diblokir oleh provider.

Leave a Comment