Mudah dan Cepat! Beginilah Cara Membuat PDF di HP Tanpa Aplikasi

Tiba-tiba ada tugas mendadak dari kampus padahal sedang berada di perjalanan? Tidak usah khawatir. Berikut ini akan dijelaskan mengenai cara membuat PDF di HP tanpa aplikasi dengan mudah dan cepat. Langkah-langkah di bawah sangat cocok bagi yang memiliki mobilitas tinggi, tetapi tidak mau ribet membawa laptop kesana-kemari. Langsung simak penjelasannya:

Membuat File PDF di Situs Only Office

Kebanyakan, aplikasi pembuat dokumen di HP itu memiliki ukuran yang besar sehingga banyak memakan ruang. Oleh karena itu, perlu untuk memanfaatkan situs yang menyediakan fungsi serupa dan tidak perlu menginstalnya. Berikut ini caranya:

1. Bukalah Situs Only Office

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka situs resmi dari Only Office. Pengguna dapat memulainya dengan menggunakan browser apa pun yang ada di smartphone, bisa UC Browser atau Google Chrome. Setelah itu, ketikkan keyword-nya di kotak Search. Boleh juga langsung mengunjungi alamat website-nya di www.personal.onlyoffice.com.

2. Masuk ke Situs Only Office

Jika sudah berada di tampilan awal Only Office, pengguna perlu untuk login dengan profil yang telah dimiliki. Apabila belum membuatnya, bisa masuk dengan mudah menggunakan akun Gmail. Tulis alamat email beserta kata sandinya. Tunggu hingga proses loading selesai. Nantinya akan diarahkan ke lembar kerja dari dokumen yang akan dibuat.

3. Mulailah Membuat Dokumen PDF

Pada layar yang ditampilkan, di bagian pojok kiri atas terdapat tulisan Create. Tekan tombol tersebut untuk mulai membuat dokumen. Setelah itu, akan diberikan beberapa pilihan. Klik saja yang berupa Dokumen. Jangan lupa menuliskan nama atau judul dari file PDF yang akan dibuat tersebut. Jika sudah, setujui dengan cara menekan centang yang ada di sebelahnya.

Tunggulah loading beberapa saat hingga nantinya pengguna akan disajikan lembar kerja kosong yang digunakan untuk mengetik. Interface-nya sangat sederhana dan mudah dipahami. Tidak jauh berbeda dari aplikasi pembuat dokumen, di sini pun bisa menggunakan semua fitur yang telah disediakan.

4. Simpan File yang Sudah Dibuat

Jika sudah selesai membuat tugas di Only Office, maka langkah terakhir adalah menyimpan. Caranya yaitu dengan mengklik ikon berbentuk gear di pojok kanan. Pilih menu Download, lalu tentukan format file, di sini pilihlah PDF. Menariknya, situs ini menerapkan autosave sehingga tidak perlu khawatir data akan hilang ketika tidak sengaja keluar.

Memanfaatkan Situs SmallPDF

Yang kedua ini adalah cara membuat PDF di HP tanpa aplikasi dengan memanfaatkan SmallPDF. File yang didukung pun mulai dari foto, Word, juga Excel. Berbeda dari sebelumnya, untuk menggunakan situs ini, pengguna harus menyiapkan dokumen mentahan dalam format apa pun. Lalu ikutilah langkah berikut ini:

1. Bukalah Situs SmallPDF

Menggunakan browser apa pun yang ada di HP, pengguna bisa membuka situs resmi dari SmallPDF. Saat mengetikkan kata kunci di kotak pencarian, akan muncul hasil yang mengarahkan untuk masuk ke tampilan awal. Tapi bisa juga langsung menuliskan alamat website-nya, yaitu https://smallpdf.com/. Setelah itu, tekan tombol Search.

2. Unggah File yang Telah Disiapkan

Pada tampilan awal SmallPDF, pengguna disuguhkan beberapa pilihan file. Klik pada format dokumen yang telah disiapkan, apakah itu Word, Excel, PPT, atau JPG. Yang mana format-format tersebut nantinya akan diubah menjadi PDF. Sekarang, waktunya untuk mengunggah file.

Tekanlah kolom Choose File yang tersedia. Lalu carilah letak penyimpanan internal dimana dokumen disimpan. Situs ini juga memungkinkan penggunanya untuk meng-upload file dari Google Drive ataupun Dropbox. Tunggu hingga proses selesai. Apabila hasil telah keluar, langsung saja unduh dan simpan di perangkat.

Itulah penjelasan tentang cara membuat PDF di HP tanpa aplikasi khusus dari MOXY. Sekarang tidak perlu bingung lagi jika ada tugas mendadak. Karena bisa cepat terselesaikan hanya dengan ponsel di genggaman.

Leave a Comment