5 Cara Membersihkan RAM HP Xiaomi Agar Tidak Lag

Random Access Memory atau biasa disebut RAM adalah salah satu bagian terpenting dari ponsel. Semua Hp, termasuk Xiaomi memiliki RAM dengan kapasitas yang berbeda-beda. Jika kapasitas RAM terlalu penuh, maka ponsel bisa menjadi lag/lemot. Untuk itu, RAM perlu dibersihkan. Berikut ini adalah 5 cara membersihkan RAM HP Xiaomi agar tidak lag, antara lain:

1. Bersihkan Cache

Cache adalah salah satu penyebab RAM Hp Xiaomi menjadi penuh. Setiap kali pengguna menggunakan aplikasi atau mengunjungi situs web, cookie akan otomatis tersimpan di ponsel tanpa memberitahu pengguna terlebih dahulu. Cache memakan sebagian besar ruang penyimpanan, tidak hanya RAM tetapi juga ROM. Jika sudah terlalu banyak cache pada sebuah ponsel, maka akan berakibat buruk pada ponsel tersebut.

Sangat mudah bagi pengguna untuk menangani masalah cache di ponsel Xiaomi. Untuk membersihkannya, pengguna harus membuka pengaturan perangkat, cari ‘penyimpanan’ dan klik ‘data cache‘. Klik hapus untuk menghapus cache dan pengguna dapat melihat sendiri perubahannya. Ponsel akan menjadi lebih optimal dan RAM akan menjadi lebih bersih.

2. Nonaktifkan Aplikasi yang Tidak Berguna

Setiap kali pengguna membeli telepon baru, telepon itu dimuat dengan beberapa aplikasi bawaan. Dalam sebagian besar kasus, aplikasi tersebut kebanyakan tidak digunakan seperti aplikasi lain dan hanya menambah beban ekstra pada ponsel. Sayangnya, aplikasi bawaan atau bloatware ini biasanya tidak bisa dicopot karena merupakan bawaan dari pabrik.

Dalam kasus seperti ini, pengguna sebaiknya menonaktifkan aplikasi tersebut. Untuk melakukannya, pengguna perlu menekan lama ikon aplikasi dan mengetuk nonaktifkan. Dengan ini, aplikasi tidak akan lagi berada di menu aplikasi, dan dengan demikian pengguna bisa mendapatkan lebih banyak penyimpanan. Jika ingin mencopot aplikasi tersebut secara paksa, maka pengguna harus memiliki akses root terlebih dahulu.

3. Tutup Aplikasi Terbaru

RAM  selalu menyimpan data tentang aplikasi yang baru saja digunakan oleh pengguna. Jadi, masuk akal jika menutup akan mengosongkan sebagian ruang RAM. Tapi, tombol kembali biasanya tidak berfungsi seperti semestinya. Meskipun pengguna sudah menutup aplikasinya, tapi aplikasi itu mungkin masih bisa berjalan di latar belakang ponsel.

Hal yang harus dilakukan pengguna adalah menekan tombol recent apps, dan layar akan menampilkan semua recent apps pengguna. Di bawah semua daftar aplikasi itu, pengguna akan melihat menu ‘tutup semua’. Klik menu tersebut, dan otomatis ponsel akan menutup semua aplikasi yang baru saja digunakan. Dengan begini, ponsel bisa menjadi lebih lega.

4. Hapus File yang Tidak Penting

Kapasitas penyimpanan dalam sebuah ponsel itu mirip dengan sebuah loker. Jika loker terlalu penuh, maka semuanya akan berantakan dan tidak bisa terkendali. Sejalan dengan hal tersebut, ponsel lama kelamaan akan semakin lemot jika menyimpan terlalu banyak file. Untuk itu, file ini bisa dibuang agar tidak memenuhi kapasitas penyimpanan.

Hapus file yang sekiranya sudah tidak penting lagi. Jika sekiranya terlalu sayang untuk menghapus file tersebut, pengguna bisa mencadangkannya ke dalam harddisk. Selain itu, file tersebut juga bisa disimpan di penyimpanan awan seperti Dropbox dan semacamnya.

5. Reset Ponsel

Cara membersihkan RAM HP Xiaomi yang terakhir adalah dengan melakukan reset pada ponsel. Dengan melakukan reset, semua data pada ponsel akan terhapus dan ponsel akan terlihat seperti baru lagi. Sebelum melakukan proses reset, ada baiknya backup terlebih dahulu data-data penting yang dimiliki. Jika sudah, maka langsung tekan tombol reset dan ponsel akan menjadi optimal lagi.

Demikian tadi 5 cara membersihkan RAM HP Xiaomi dari moxy yang bisa dicoba. RAM Hp yang kelebihan kapasitas memang akan berdampak buruk pada ponsel. Dengan proses pembersihan seperti yang sudah dijelaskan diatas, ponsel akan menjadi lebih baik dan tidak lemot lagi.

Leave a Comment