Waspada! Ini 5 Cara Melacak Akun IG Penipu

Di zaman serba sosial media, seringkali terjadi penipuan dari akun tertentu pada media sosial Instagram. Korbannya sendiri bisa dikatakan lebih banyak karena penipuan berlangsung cepat dan korban tidak sempat memeriksa lebih lanjut. Berikut ini cara melacak akun IG penipu guna mencegah penipuan lewat Instagram:

1. Memeriksa Keaslian Nama Akun

Ketika mendapati akun yang dicurigai palsu atau ada kemungkinan dimiliki seorang penipu, maka pengguna bisa memeriksa nama akun Instagram. Nama akun Instagram yang sering diganti menandakan akun tersebut palsu. Tendensi penipu atau bukan, bisa dilihat dari nama-nama yang sudah pernah digunakan. Publik bisa mengkonfirmasi di pengaturan akun terkait.

Untuk memeriksa akun yang dicurigai, pada halaman profil akun tersebut, pilih Menu di titik titik horizontal di pojok kanan atas. Pilih opsi “Tentang Akun Ini”. Selanjutnya, buka bagian “Nama Pengguna Akun Sebelumnya”. Pada bagian tentang akun juga ditampilkan informasi lokasi pemilik akun palsu tersebut. Dengan cara ini, pengguna dapat lebih berhati-hati dengan akun palsu.

2. Melacak IP Logger

Cara ini memerlukan situs pihak ketiga untuk melakukan pelacakan. Pengguna juga butuh pemilik akun palsu untuk mengakses link agar dapat informasi terkait akun. Karenanya, cara ini perlu inisiatif lebih untuk memancing pemilik akun palsu menekan link yang dikirim.

Pelacakan dilakukan dengan membuka web IP Logger atau yang serupa. URL profil akun palsu yang sudah disalin, ditempel pada kolom “Create Link”. Setelah membuat link, salin link ke web peringkas URL seperti Google Link Shortener atau Bitly. Setelah link jadi, kirim via DM ke pemilik akun. 

Setelah link di-klik, pengguna bisa memeriksa info akun palsu tersebut dengan me-refresh halaman URL profil akun di IP Logger. Link IP address kemudian disalin ke website IP Tracker. Setelah itu, klik “IP Tracker Option” untuk menempel link dan memunculkan informasi detail akun yang dilacak.

3. Mengenali Akun Palsu dari Segi Pengikut

Cara melacak akun IG penipu bisa diidentifikasi dari follower-nya. Apabila Follower jauh lebih sedikit dari jumlah Following, ada indikasi akun tersebut adalah akun palsu. Untuk mengetahui followers akun tersebut asli pengguna atau hanya akun spam, pelacak dapat mengunjungi profil akun sebagian followers. 

Akun yang dihasilkan dari beli followers, akan memiliki postingan kosong di halaman profilnya. Selain itu, penting juga untuk membandingkan like & comments dengan jumlah followers. Akun IG dengan follower asli banyak akan sesuai dengan jumlah followers di IG.

4. Pengaturan Unggahan Foto yang Kurang Teratur

Salah satu daya tarik IG adalah layout unggahan foto yang menghiasi halaman profil. Akun penipu tidak terlalu memperhatikan layout ini. Tak jarang juga, foto yang diunggah tidak jelas bahkan buram dan resolusinya pecah. Selain itu, ukuran foto ditampilkan tak dapat dimuat yang menyebabkan unggahan foto terpotong.

5. Tidak Centang Biru atau Terverifikasi

Verifikasi akun centang biru membutuhkan status penting seperti tokoh masyarakat, followers banyak & interaksi yang intens dengan followers-nya, atau perusahaan & brand terkenal. Jika yang demikian itu belum ada pada akun tersebut, maka akan sulit mendapatkan centang biru.

Demikian penjelasan dari cara melacak akun IG penipu dari moxy.co.id guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan berkaitan dengan transaksi. Melalui informasi tersebut, diharapkan muncul sikap waspada terhadap pelaku kriminal siber yang butuh waktu lama untuk melacak keberadaannya. Niat buruk tak mungkin dikendalikan, akan tetapi seseorang dapat berhati hati sehingga tidak menjadi korban kejahatan.

Leave a Comment