Ternyata Begini Cara Melacak Akun FB Palsu

Pernahkah di facebook ditandai oleh orang mencurigakan? Tidak perlu bingung lagi. Saat ini sudah ada cara melacak akun FB palsu sehingga bisa diketahui kalau ada yang iseng dan kepo dengan privasi. Langkah-langkah di bawah ini juga penting untuk diperhatikan agar oknum yang memakai fake account tersebut tidak merugikan orang lain.

1. Cek Info Dari Akun Tersebut

Dalam profil yang ada di Facebook, pasti terdapat data diri yang dicantumkan oleh si pembuat. Lakukan pengecekan apakah ada yang mencurigakan dari informasi yang ditulis tersebut. Biasanya, akun-akun palsu akan menuliskan data asal-asalan dan membuat penyamaran dengan tidak menyertakan info lengkap. Bahkan namanya pun disamarkan.

2. Lihatlah Waktu Bergabung

Pengguna dapat mengetahui akun palsu dengan cara melihat jejak yang ditinggalkan. Dari linimasa, bisa diketahui sudah berapa lama Facebook tersebut dibuat. Sering digunakan ataukah tidak. Jika waktu bergabung si pembuat cukup lama, biasanya itu merupakan akun asli. Tapi juga harus berhati-hati karena bisa saja dimanipulasi dengan jual beli account.

3. Men-stalking Foto Profil

Cara melacak akun FB palsu selanjutnya yaitu memanfaatkan fitur yang ada di Google Lens. Namun sebelum itu, ambil dulu foto profil facebook yang mencurigakan tersebut. Bisa juga dengan meng-copy URL yang disediakan. Setelah itu, bukalah Google Image yang ditandai logo berupa kamera dan terletak di sebelah kanan tombol Search.

Pada kolom tersebut, unggahlah foto profil yang telah di-download atau tempelkan tautan yang sudah disalin sebelumnya. Lalu tekanlah tombol Search by Image. Nantinya akan ditampilkan data berupa akun yang memakai gambar tersebut. Jika itu fake account, ada akun-akun lain yang mirip dan menggunakan profil serupa. Apabila asli, maka sebaliknya.

4. Cek Status dan Pertemanan

Berikutnya ini adalah melacak Facebook palsu dengan cara mengecek postingan yang dibuat. Akun-akun fake biasanya jarang membuat status yang personal dan ditampilkan ke publik. Malah kebanyakan isinya hanya berupa berita-berita tidak jelas, share persyaratan giveaway, atau membagikan hasil dari sebuah pertandingan game.

Selain itu, akun yang asli dapat ditandai dengan mutual friend. Si pemilik tidak akan sembarangan mengundang orang yang belum dikenal. Biasanya ada kriteria tertentu. Bukan hanya itu, jumlah pertemanan dan dari komunitas mana sajakah juga bisa menjadi indikator bahwa Facebook tersebut real, bukan fake account.

4. Melacaknya dengan Alamat IP

Cara yang satu ini bisa dibilang lebih akurat karena menampilkan data yang cukup lengkap. Menggunakan Internet Protocol, itu berarti melacak lokasi pemilik akun melalui nomor identitas yang menjadi alamat dari perangkat yang digunakan. Baik itu masih asli atau sudah dimanipulasi oleh VPN. Tempat ketika menyambungkan ke jaringan internet dapat diketahui.

Untuk mengeceknya, bukalah browser dan tujulah situs dari WolFramAlpha yang beralamat di https://www.wolframalpha.com/. Langsung saja masukkan IP Address yang telah didapatkan pada kotak pencarian, lalu tekan Enter. Nantinya, pengguna akan disajikan data berupa alamat IP, provider yang digunakan, hingga kota dan daerah asal. Mudah bukan?

5. Menggunakan Situs Linkedln, Olx, dan Lainnya

Selain melacak melalui alamat IP, ternyata pengguna juga bisa memanfaatkan salah satu fitur yang ditawarkan oleh situs Linkedln dan Olx. Website ini merupakan markas utama dari portofolio dan memudahkan seseorang menemukan data diri orang lain. Cara kerjanya adalah dengan menelusuri nama lengkap pemilik akun, lalu memunculkan profil yang ada.

Itulah 5 cara melacak akun FB palsu yang dapat dilakukan dengan mudah dari MOXY.CO.ID. Saat ini bisa dengan cepat diketahui siapakah yang menjadi oknum di balik fake account dan menggunakannya untuk mengganggu orang lain atau melakukan hal yang merugikan.

Leave a Comment