Inilah Cara Hemat Kuota Youtube Terbaik

Dampak  yang ditimbulkan dari pendemi Covid-19 begitu meluas, hingga merubah berbagai aktivitas kegiatan di masyarakat.  Salah satunya dengan belajar daring di rumah, mulai dari kelas online hingga tutorial yang dilakukan secara streaming di Youtube.  Namun, untuk aktivitas ini dibutuhkan data kuotanya yang besar, sehingga diperlukan cara hemat kuota Youtube

Lakukan Langkah Terbaik

Youtube dikenal sebagai platform terbesar penyedia streaming video. Bahkan popularitasnya akhir-akhir ini  semakin meningkat, seiring dengan kebutuhan hiburan dan media pendidikan.  Memang untuk menimati streaming di Youtube diperlukan kuota ddata internet yang besar dan  berlimpah. Namun, masih ada beberapa cara hemat kuota Youtube  terbaik yang dapat dijadikan rujukan, antara lain:

1. Gunakan Fitur Untuk menghemat Data

Agar tidak kebobolan dalam penggunaan data saat menyaksikan streaming  di kanal Youtube, dibutuhkan  fitur yang tepat. Dalam cara hemat kuota Youtube, pemirsa dapat menggunakan fitur untuk menghemat data. Sehingga pemakaian pada kuota internet-nya dapat dipangkas sekitar 50%lebih.

Cukup sederhana dan mudah, hanya dengan memanfaatkan fitur penghemat paket data, yang tersedia di dalam smartphone. Apalagi fitur ini dapat di-unduh via play-store, sehingga cukup membantu penggunanya. Selain dapt menghemat data, aplikasi ini juga dapat dimanfaatkan untuk meminimalisir kualitas baik gambar maupun audionya.

2. Mengatur Pembatasan Kuota-nya

Cara hemat kuota Youtube lainnya adalah mengatur batasan untuk pengguaan kuota datanya, sehingga pengguna tidak menjadi lupa waktu-nya ketika menyaksikan streaming di Youtube. Dengan demikian kuota datanya menjadi lebih hemat.

Caranya cukup sederhana, pengguna dapat mengaturnya  lewat menu yang ada di pengaturan-nya. Pilih “Penggunaan-Data”, yang ada dalam menu-nya tersebut. lanjutkan pilioh Alert-Me-about-Data-Usage, lalu aktifkan untuk pembatasan pemakaian kuota-nya. Maka, smartphone akan ter-otomatis munculkan notifikasi untuk segera berhentik memakai paket datanya.

3. Gunakan Paket Khusus

Saat ini para provider sudah menawarkan beragam paket data untuk penggunaan  internet khusus streaming.  Sehingga memungkinkan para penggunanya untuk memanfaatkan kuota khususnya untuk aplikasi streaming seperti di Youtube.

4. Minimaliskan Kualitas Video-nya

Mengecilkan atau minimaliskan kualitas video-nya juga merupakan salah satu upaya menghemat penggunaan paket kuota. Sehingga pengguna dapat menonton streaming di-yputube secara leluasa dan waktu yang berlipat-lipat dengan penggunaan kuotanya sama. Apalagi. jika menyaksikan streamning-nya menggunakan smartphone, tampilan video-nya tidak tampak bedanya.

Umpamanya kualitas videonya adalah high-definition (720p ke atas), yang memiliki resolusi tinggi. Maka, kuota data yang akan digunakan menjadi besar dan boros.  Untuk penghematan kuotanya, pengguna dapat memakai opsi Data-Saver, hingga dengan kualitas terendah sampai 144p, yang tentunya akan jauh lebih hemat

5. Manfaatkan Koneksi Wi-Fi

Cara lainnya untuk menghemat pemakaian data adalah dengan memanfaatkan jaringan koneksi WiFi. Sehingga pengguna dapat meng-unduh streaming video-nya utuk ditonton dilain waktu. Apalagi fasilitas layanan free-WiFi sudah cukup banyak tersedia di berbagai tempat fasilitas umum.

Apalagi penggunaan WiFi di tempat-tempat umum tidak membatasi jumlah dan waktu pemakaiannya. Sehingga pengguna dapat dengan leluasa untuk mengunduh maupun menyaksikan video streaming di Youtube. Tentunya hal ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin.

6. Pilih Youtube-Go

Pengguna juga dapat melakukan penghematan data dengan memakai aplikasi  Youtube-Go. Sehingga pengguna dapat mengetahui secara jelas kuota yang harus disediakan untuk menyaksikan sebuah streaming video. Bahkan pengguna juga dapat mengaturukuran video-nya sendiri, untuk menyesuaikan kuota data-nya agar tidak boros pemakaiannya.

Nah. demikianlah cara hemat kuota Youtube dari MOXY yang dapat menjadi pilihan terbaik. Sehingga bisa menimati streaming  video di Youtube dengan tenang, tanpa khawatir kehabisan kuota-nya. Semoga menginspirasi dan bermanfaat.

Leave a Comment