Cara Hemat Kuota Tiktok Ini Dijamin Ampuh

Sebuah aplikasi video yang sekarang begitu populer di semua kalangan baik di Indonesia maupun di negara lain. Banyak digunakan untuk mengunggah sebuah video ataupun hanya sekadar video yang diunggah oleh orang lain. Tiktok sendiri pun merupakan sebuah aplikasi yang menyita kuota cukup boros, dibalik itu, ternyata ada cara hemat kuota Tiktok tanpa ribet.

Tanpa disadari, pada saat pengguna sedang asik menonton video yang diunggah, kuota akan tersita terus menerus. Fitur autoplay pada aplikasi Tiktok pun membuat video yang ada, akan langsung diputar. Akan tetapi, pengguna tak perlu khawatir, masih ada cara untuk menghemat kuota tanpa mengurangi kenyamanan saat menonton, berikut caranya:

1. Mengaktifkan Fitur Hemat Data Ponsel

Setiap ponsel memiliki fitur untuk melakukan penghematan data. Apabila data yang digunakan sudah mencapai batasnya, maka akan ada pemberitahuan kepada pengguna.

Fitur tersebut bisa didapatkan pada menu pengaturan ponsel dan memilih menu koneksi, di dalam menu tersebut terdapat menu penghematan data. Pengguna dapat mengaturnya berapapun dan biasanya jangka waktu yang digunakan ialah penggunaan data selama satu bulan.

2. Mengaktifkan Fitur Hemat Data Aplikasi

Kemudian, cara hemat kuota Tiktok yang berikutnya yaitu dengan memanfaatkan fitur yang ada pada aplikasi. Beberapa aplikasi media sosial memang memiliki fitur penghemat data, sama halnya seperti Instagram, Tiktok pun memiliki fitur tersebut.

Namun, ketika pengguna mengaktifkan fitur tersebut, beberapa fitur lainnya akan diberi batas. Pembatasan tersebut seperti halnya kualitas video yang berkurang serta pembatasan pada pemutaran video otomatis.

3. Menggunakan WiFi

Menggunakan WiFi merupakan alternatif lainnya yang bisa dilakukan untuk menghemat kuota Tiktok. Sudah banyak WiFi tersedia di fasilitas bagi publik, baik di tempat makan, stasiun, bioskop, hingga rumah sakit telah menyediakan WiFi.

WiFi pun telah banyak tersedia secara gratis, sehingga sudah pasti dapat menghemat kuota Tiktok yang dimiliki. Pastikan juga jaringan WiFi tersebut stabil, sehingga pengguna dapat menikmati kenyamanan serta kualitas video di aplikasi Tiktok.

4. Mengaktifkan Fitur Manajemen Waktu

Salah satu fitur yang sangat bermanfaat untuk mengelola penggunaan data pada ponsel. Pengguna tak perlu khawatir kuota akan tiba-tiba habis karena terlalu asik menggunakan Tiktok jika telah mengaktifkan fitur ini.

Pengguna dapat membuka menu pengaturan dan privasi, lalu dalam menu aktivitas, pengguna bisa memilih menu Kesejahteraan Digital untuk menghemat data. Kemudian, klik menu pilihan Manajemen Waktu Layar, setelah itu pengguna bisa mengatur waktu yang dibutuhkan ketika menggunakan aplikasi Tiktok tersebut.

5. Memakai Kuota Khusus

Saat ini, sudah hampir semua provider sudah menyediakan kuota khusus untuk aplikasi tertentu. Misalnya, kuota khusus Youtube, WhatsApp, bahkan kuota khusus Tiktok pun sudah ada. Kuota tersebut hanya dapat digunakan untuk aplikasi itu sendiri, jika pengguna memakai kuota khusus Tiktok maka akan lebih hemat.

Hal itu karena kuota utama untuk semua aplikasi tidak akan berkurang dan bisa digunakan lebih lama. Tentu saja kuota khusus memiliki harga yang berbeda dari kuota utama, karena hanya dapat dipakai pada aplikasi tertentu saja. Pelanggan untuk jenis kuota ini biasanya dari kalangan remaja, karena lebih murah dari paket data lainnya.

Penggunaan aplikasi tentunya perlu dibatasi, bukan hanya membatasi cara hemat kuota Tiktok saja yang perlu diterapkan. Hal tersebut juga dapat menghemat penggunaan ponsel serta pembatasan seseorang untuk mengurangi dampak dari terlalu lama menggunakan ponsel. Pastikan tidak terlalu lama menatap layar ponsel untuk waktu yang lama jika tak diperlukan. Dengan artikel dari tim MOXY semoga bermanfat.

 

 

 

Leave a Comment