Cara Hapus Aplikasi Bawaan Android, Mudah dan Permanen!

Banyak orang masih kebingungan mencari cara hapus aplikasi bawaan android. Setiap merk handphone pasti memiliki berbagai aplikasi bawaan yang sering kali juga tidak dibutuhkan. Aplikasi tersebut hanya akan memenuhi memori penyimpanan dan membuat Hp lemot. Sebenarnya terdapat beberapa cara untuk meng-uninstal apk bawaan tersebut sebagai berikut:

1. Membuka Play Store

Salah satu cara hapus aplikasi bawaan android yang mudah yaitu dengan membuka Play store. Carilah apk yang terinstall tersebut di bagian searching. Setelah muncul maka buka dan klik tombol uninstall pada bagian kanan. Tunggu beberapa saat hingga apk telah terhapus pada memori penyimpanan.

Terdapat beberapa aplikasi bawaan yang tidak dapat diinstal secara permanen pada Play store. Aplikasi tersebut akan hilang sementara waktu dan kemudian akan kembali muncul. Jika mengalami situasi itu maka carilah cara lainnya agar apk hilang permanen.

2. Menggunakan Pengaturan Hp

Cara ini juga sangatlah gampang dan cepat untuk dilakukan. Cukup membuka aplikasi pengaturan pada Hp. Setelah itu pilihlah aplikasi dan notifikasi. Pilihlah bagian lihat semua apk dan pilih uninstall atau disable untuk menghapus aplikasi yang diinginkan. 

Aplikasi yang tidak diinginkan tersebut maka akan terhapus secara permanen pada Android. Menghilangkan aplikasi yang tidak berguna atau jarang digunakan dapat meningkatkan memori penyimpanan serta kecepatan Hp saat digunakan. 

3. Menggunakan Apk System App Remover

Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk menghilangkan aplikasi bawaan secara permanen pada android yaitu system app remover. Aplikasi ini dapat didownload melalui Play store. Setelah lebih didownload oleh 10 juta pengguna Android sejak dirilis tahun 2013. Selain untuk menghapus aplikasi sistem, ini juga dapat digunakan untuk memindahkan aplikasi ke sd card atau phone. 

Cara untuk melakukan penghapusan dengan aplikasi sistem ini yaitu install terlebih dahulu pada Play Store. Setelah itu buka apk dan pilihlah aplikasi bawaan yang ingin dihilangkan. Klik uninstall setelah itu maka akan muncul pop up dan pilihlah yes maka aplikasi akan hilang dari Android. Namun apk ini membutuhkan root agar dapat digunakan dengan optimal.

4. Menggunakan Easy Installer Aplikasi Uninstall

Sama halnya dengan aplikasi sebelumnya, aplikasi ini telah banyak digunakan oleh pengguna Android. Membutuhkan memori yang lebih besar dari pada apk sebelumnya yaitu sebesar 4,5 MB, namun telah sama didownload 10 juta pengguna. Sangatlah sederhana dan mudah digunakan.

Langkah yang harus dilakukan yaitu sama saja, hanya dengan buka aplikasi setelah diinstal. Setelah itu akan muncul banyak pilihan apk Hp. Pilihlah apk yang akan dihapus dan klik uninstall. Maka aplikasi akan hilang dari Android. Hanya dengan beberapa detik saja, apk pengguna akan hilang dengan mudah.

5. Menggunakan Aplikasi CCleaner

Aplikasi terakhir yang dapat digunakan untuk menghilangkan aplikasi yaitu CCleaner. Telah banyak didownload oleh para penggunanya hingga mencapai lebih 100 juta. Fungsi lain aplikasi ini yaitu membersihkan cache aplikasi, folder unduhan, riwayat browser, isi clipboard, dan lain sebagainya. Mendeteksi aplikasi penguras data dan baterai dan mengoptimalkannya kembali. 

Untuk menghapus apk yaitu dengan membuka aplikasi CCleaner terlebih dulu. Kemudian tekan bagian titik tiga bagian kanan. Pilih App Manager dan uninstall apk yang tidak dibutuhkan kembali. Sangatlah mudah dan cepat bukan?

Telah diketahui beberapa cara hapus aplikasi bawaan android yang mudah dan permanen dari moxy di atas. Uninstall aplikasi yang memang tidak pernah digunakan karena hanya akan membuat Hp Android lemot. 

Leave a Comment