Cara Cek Garansi HP Realme, Mudah Tanpa Ribet

Cara Cek Garansi HP Realme, Mudah Tanpa Ribet

Garansi HP Realme sangat anda perlukan karena tidak menutup kemungkinan smartphone akan mengalami kerusakan. Cara untuk mengeceknya cukup mudah, karena bisa langsung melalui ponsel anda saja.

Pada umumnya, seluruh perusahaan smartphone memberikan garansi dengan durasi waktu yang telah mereka tentukan. Dengan adanya garansi ini, pengguna dapat memperbaiki HP tanpa mengeluarkan biaya melalui service center.

Realme adalah salah satu brand HP yang saat ini sedang menjadi favorit para pengguna Indonesia. Awalnya brand ini memang bagian dari Oppo, tetapi sekarang sudah berdiri sendiri.

Sementara Realme ini sendiri memiliki garansi dengan durasi waktu 1 tahun untuk ponselnya. Lalu untuk aksesoris HP seperti earphone dan yang lainnya memiliki garansi selama 6 bulan.

Ini Dia Cara Cek Garansi HP Realme

Sebenarnya untuk mengecek masa garansi HP, anda bisa melihat kartu garansi yang sejak awal sudah tersedia. Namun, tentu anda akan merasa bingung untuk mengeceknya jika kartu garansi tersebut hilang.

Apalagi jika anda merasa ragu dengan kapan habisnya masa garansi dari HP yang anda miliki. Untuk itulah, anda bisa menerapkan cara berikut ini untuk mengecek garansi tersebut.

Mengecek Nomor IMEI HP

Cara pertama untuk mengecek garansi, yaitu harus mengetahui nomor IMEI HP anda terlebih dahulu. Hal itu karena cek garansi HP memerlukan nomor IMEI dari HP anda.

Untuk mengetahui nomor IMEI, anda hanya perlu mengetikkan *#06# pada menu dial up. Apabila sudah, kemudian akan muncul informasi nomor IMEI HP anda.

Apabila anda masih memiliki kotak dari HP tersebut, anda bisa mengetahui nomor IMEI. Karena biasanya, pada kotak kemasan HP tersemat nomor IMEI untuk cek garansi HP Realme.

Selain cara tersebut, anda bisa mengecek nomor IMEI lewat melalui menu Pengaturan. Caranya yaitu buka menu Pengaturan, lalu pilih Tentang Ponsel. Kemudian pilih Status, baru klik IMEI.

Membuka Situs Cek Garansi

Apabila anda sudah mengetahui nomor IMEI HP Realme anda, selanjutnya adalah membuka situs. Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah dengan membuka aplikasi browser yang tersedia pada HP.

Setelah browser terbuka, ketikkan situs cek garansi HP Realme, yaitu www.realme.com/id/support.

Memasukkan Nomor IMEI HP

Nantinya akan tersedia tempat untuk memasukkan nomor IMEI yang sudah anda ketahui. Lebih tepatnya, pada tempat tersebut akan ada tulisan Masukan nomor IMEI Ponsel anda.

Sehingga pada tempat tersebut, silakan masukan 15 digit nomor IMEI dan jangan lupa pastikan bahwa nomor tersebut benar. Karena apabila salah, proses pengecekan garansi ponsel anda akan mengalami kegagalan.

Setelah anda memasukkan nomor IMEI dan sudah anda pastikan bahwa nomor itu benar, inilah cara intinya. Anda hanya perlu klik tombol Cek Sekarang untuk memulai proses pengecekan garansi HP anda.

Sebelum mendapatkan informasi tentang nomor IMEI untuk cek garansi HP Realme, anda harus melewati satu tahap. Anda harus melalui proses validasi dengan cara menggeser gambar ke kolom yang tersedia.

Melihat Masa Garansi

Setelah proses validasi tersebut selesai, akan muncul beberapa informasi penting mengenai HP tersebut. Seperti nomor IMEI, waktu registrasi, dan bahkan warna HP juga akan muncul pada informasi tersebut.

Tanggal saat pertama kali HP aktif akan muncul pada bagian waktu garansi. Seperti yang sudah ada pada penjelasan sebelumnya, masa garansi Realme sekitar 1 tahun atau 12 bulan.

Sehingga jika tanggal yang muncul sudah lebih dari 12 bulan, itu berarti garansi sudah tidak berlaku lagi. Begitu pula sebaliknya, jika waktu masih kurang dari 12 bulan, garansi masih aktif dan anda bisa melakukan klaim garansi tersebut.

Dengan anda melakukan klaim garansi, tentu saja anda akan terhindar dari pengeluaran yang membengkak. Maka dari itu, penting untuk mengetahui dan memahami bagaimana cara cek garansinya. Hal ini demi kenyamanan diri anda sendiri.

Itulah beberapa cara cek garansi HP Realme dengan mudah dan terjamin keakuratannya. Untuk bisa melakukan klaim garansi, anda tetap harus memenuhi syarat yang berlaku. Dengan begitu, klaim garansi bisa berjalan lancar sesuai harapan.