5 Aplikasi Tulisan Arab Melayu Yang Wajib Diketahui

Kecanggihan teknologi mempermudah segala hal. Salah satunya keberadaan aplikasi tulisan Arab Melayu yang tentunya sangat memudahkan dalam pengetikan naskah Arab. Selain itu, aplikasi ini memudahkan beradaptasi dengan bahasa asing. Kian hari, aplikasi yang diluncurkan pun semakin banyak. Setiap pengguna memiliki kebebasan untuk memilih sesuai kebutuhan masing-masing.

Mengenal Tulisan Arab Melayu

Sebelum mengetahui aplikasi tulisan Arab Melayu, mari memperdalam sekilas tulisan Arab Melayu.  Sebutan lainnya untuk tulisan Arab Melayu yaitu tulisan Jawi. Tulisan jenis satu ini dikenal pula dengan istilah Arab Pegon. Jenis tulisan Arab Melayu banyak digunakan di kawasan Malaysia dan sekitarnya.   

Tulisan Arab Melayu dibuktikan dengan keberadaan fakta sejarah yang ditemukan para sejarawan. Penemuan tersebut mencakup surat dengan media batu, makam dengan menggunakan tulisan Arab Melayu, serta beberapa perjanjian antara bangsa yang satu dengan lainnya.

Keberadaan tulisan Arab Melayu menjadi salah satu jejak sejarah yang harus dilestarikan. Salah satunya dengan dijadikan muatan lokal dalam pembelajaran. Bahkan kini, bermunculan aplikasi yang berkaitan, sebagai bukti pelestarian secara digital pun dilakukan.

Aplikasi Tulisan Arab Melayu

Dengan munculnya aplikasi tulisan Arab Melayu, setiap pengguna akan lebih mudah dalam mempelajari tulisan Jawi. Selain mengetik, para pengguna juga bisa menerjemahkan dari bahasa lainnya ke bahasa Arab Melayu, begitu pun sebaliknya. Di antara aplikasi yang bisa dicoba, yakni sebagai berikut:

  1.   Arabic-Malay Translator

Pertama, coba cari aplikasi Arabic-Malay Translator di Play Store. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan dalam melakukan penulisan Arab-Melayu. Perilisan aplikasi ini dimulai sejak tahun 2018. Hingga kini penggunanya  sudah mencapai 10.000 lebih.

  1.   Arabic-Malay Dictionary

Aplikasi lainnya yang bisa dicoba yaitu Arabic-Malay Dictionary. Jenis aplikasi tulisan Arab Melayu yang bisa digunakan secara online dan offline. Untuk penggunaan offline, sebelumnya pengguna harus mengunduh fitur yang disuguhkan.

  1.   Malay Arabic Translator

Selanjutnya, Malay Arabic Translator juga cukup banyak digunakan. Kini penggunanya mencapai 100.000 lebih. Salah satu aplikasi yang bisa diakses secara gratis untuk bisa menerjemahkan dari Arab-Melayu dan sebaliknya. Aplikasi ini bisa digunakan untuk belajar berbicara bahasa Arab atau pun Melayu.

  1.   Nulis Arab Pegon

Ingin menulis tulisan Pegon dengan mudah?  Aplikasi “Nulis Arab Pegon”  menjadi salah satu aplikasi yang bisa dicoba. Salah satu aplikasi yang disuguhkan untuk semua pengguna agar lebih mudah dalam belajar menulis tulisan Arab Melayu. Dukungan fiturnya mempermudah pengguna dalam mengaplikasikannya.

  1.   Jawi Arabic Keyboard

Munculnya aplikasi Jawi Arabic Keyboard tentunya akan memudahkan dalam pengetikan tulisan Arab-Melayu. Aplikasi yang satu ini mendapatkan respon positif dari banyak pengguna. Keberaaadaan aplikasi ini bisa diterapkan para pengguna ketika beradaptasi dengan negara lainnya seperti Brunei.

  1.   Tulis Jawi

Pengguna juga bisa mencoba aplikasi “Tulis Jawi” yang cukup mudah untuk digunakan. Penggunanya sudah mencapai 10.000 dengan respon yang positif. Aplikasi yang dirilis sejak tahun 2012 ini memiliki kapasitas 3.41 MB, sehingga tidak akan melebihi batas space perangkat pengguna. Keberadaan aplikasi ini akan memudahkan pengguna untuk bisa belajar tulisan Jawi dengan mudah dan menyenangkan.

Demikianlah ulasan singkat terkait aplikasi tulisan Arab Melayu dari MOXY yang bisa digunakan secara mudah. Teknologi yang canggih mempermudah segalanya. Berbekal kemauan, apa pun bisa dilakukan dengan mudah, begitu pun untuk belajar bahasa asing seperti halnya Arab-Melayu. Belajar menulis dan menerjemahkan pun bisa dilakukan dengan berbekal smartphone. Selamat mencoba!

Leave a Comment