Rekomendasi 5 Aplikasi Desain Grafis Gratis di PC Terbaik

Di Jaman serba digital saat ini, desain grafis jadi berkembang sangat pesat dan sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Ada banyak orang yang membutuhkan jasa desain grafis yang membuat orang ingin mempelajari lebih lanjut tentang desain grafis. Dibawah ini terdapat rekomendasi 5 aplikasi desain grafis gratis di PC yang bisa dipakai untuk belajar desain, antara lain:

1. Krita

Aplikasi desain grafis gratis yang pertama ialah Krita. Menariknya, Krita menawarkan fitur digital painting dan desain grafis yang cukup lengkap. Meskipun saat ini Krita masih belum setenar aplikasi desain grafis lainnya, tapi fitur yang ditawarkan juga tidak kalah bagus. Beberapa fitur tersebut ialah pop-up pallete, brush engine, setting curves, painting assistant, dan lainnya.

Uniknya lagi aplikasi ini memiliki desain UI yang lebih fleksibel dan simple sehingga pemakaian aplikasi jadi lebih mudah. Fitur brush yang ditawarkan aplikasi ini juga sangat bagus dan bahkan bisa custom brush sesuai kebutuhan pengguna. Selain itu juga tersedia fitur template yang bisa digunakan untuk pembuatan animasi, tekstur dan lainnya.

2. Clip Studio Paint

Clip Studio Paint lebih memfokuskan pembuatan desain kartun dan manga. Dengan Clip Studio Paint pengguna bisa membuat karakter komik dan manga dari awal. Dengan berbagai fitur, pengguna bisa membuat karakter manga seperti di animasi pada umumnya. Selain itu pilihan brush yang tersedia akan mempermudah proses pembuatan desain.

Fitur Clip Studio Paint juga cukup memadai, diantaranya vector toolkit untuk membuat lineart dengan mudah. Kemudian fitur mewarnai yang cukup memadai sehingga hasil desain jadi lebih menarik, dan juga mengolah desain 3D model.

3. GIMP

GIMP dianggap bisa menggantikan Photoshop karena memiliki tampilan menu yang menyerupai Photoshop. Bahkan melalui GIMP, pengguna bisa membuka file dalam bentuk psd. Selain gratis, aplikasi ini merupakan aplikasi open source yang bisa dikembangkan oleh siapa saja. Penggunaan GIMP untuk desain juga sangat mudah karena memiliki fitur umum seperti layers, healing brush, canvas rotation, dan lainnya.

Kelebihannya ialah aplikasi GIMP sangat ringan dan memiliki tampilan yang cerah dan modern sehingga tidak akan membosankan. Jadi PC dengan spesifikasi rendah sekalipun bisa menggunakan GIMP. Uniknya, pengguna juga bisa menambahkan plug-in untuk memperkaya fitur di GIMP. Contohnya plug in G’MIC yang menyediakan 500 filter dan efek, script bundle yang menyediakan berbagai macam script edit dan lainnya.

4. Adobe Indesign

Desain grafis untuk kebutuhan media cetak seperti brosur, banner, buku dan lainnya cocok menggunakan Adobe Indesign. Tools dan fitur yang tersedia di Adobe Indesign ini juga mudah digunakan dan dipelajari, sehingga cocok bagi desainer pemula yang baru mau belajar. Tersedia juga beberapa template grafik yang bisa digunakan pengguna.

Kelebihan Adobe Indesign ialah terdapat tool blur yang bisa digunakan untuk efek blur dan artistik lainnya. Terdapat fitur-fitur unik seperti preset, mengubah elemen, master page, bevel effect dan lainnya. Jadi untuk ukuran desain grafis, Adobe Indesign sudah cukup lengkap dan mudah digunakan oleh pemula.

5. Blender

Blender merupakan aplikasi desain grafis 3D yang cukup populer. Bahkan dalam pembelajaran formal desain grafis, Blender menjadi salah satu aplikasi yang wajib dipelajari dan digunakan. Tapi bagi pemula, penggunaan Blender ini cukup sulit, ditambah ada banyak tools yang memiliki fungsi yang berbeda-beda sehingga harus dipelajari satu persatu.

Hasil desain dari aplikasi Blender ini sangat menyerupai bentuk asli suatu barang. Banyak pengguna yang menggunakan aplikasi ini untuk membuat ilustrasi barang seperti makanan, botol, barang disekitar dan lainnya. Beberapa fitur Blender yang populer ialah modelling, texturing, sculpting, rigging, dan lainnya.

Itulah rekomendasi 5 aplikasi desain grafis gratis terbaik dari moxy.co.id . Setiap aplikasi desain grafis memiliki kegunaan dan fitur tersendiri yang berbeda-beda. Jadi pengguna bisa memilih aplikasi desain grafis yang cocok dengan kebutuhan desain yang akan dibuat, seperti desain media cetak, desain 3D, desain bangunan dan lainnya.

Leave a Comment