5 Aplikasi Browser Terbaik dan Tercepat

Kebutuhan akan internet semakin lama semakin meningkat. Peningkatan kebutuhan internet seharusnya diikuti oleh peningkatan penunjangnya. Misalnya saja browser yang menjadi tempat akses internet. Browser seharusnya dapat mendukung cepatnya laju internet. Aplikasi browser terbaik dan tercepat menjadi sebuah keharusan dalam masyarakat.

Browser dapat dikatakan sebagai jodoh bagi internet. Maka dari itu, memilih browser dengan tepat tentu akan meningkatkan efektifitas kinerja manusia dalam memanfaatkan internet. Ada berbagai browser yang ada di dunia, tapi tak semua adalah terbaik. Berikut adalah browser terbaik yang wajib diinstal:

1. Google Chrome

Aplikasi ini mungkin sudah tidak asing lagi didengar oleh masyarakat di Indonesia. Hadirnya Google Chrome pada tahun 2008, semakin membuat dunia persaingan browser semakin seru. Meskipun awalnya kesulitan menyaingi kompetitor sebelumnya yaitu Mozilla Firefox dan Internet Explorer.

Google Chrome kini telah dinominasi sebagai browser terbaik hingga saat ini. Beberapa kelebihannya diantaranya terletak kecepatan internet. Ini karena Google Chrome telah menerapkan JavaScript V8, yaitu javascript tercepat hingga saat ini. Inilah yang membuat Google Chrome dapat mempertahankan kecepatan internet meskipun memiliki desain yang kompleks.

2. Mozilla Firefox

Meskipun pamornya sudah tersaingi Google Chrome, tetapi Mozilla Firefox tetap menjadi salah satu aplikasi browser yang terbaik. Mozilla Firefox yang dirilis pada tahun 2004 ini ternyata memiliki beberapa fakta menarik. Sebelum menjadi rubah, ternyata Mozilla Firefox pernah menjadi Phoenix dan Firebird.

Mozilla Firefox banyak memikat penggunanya melalui fiturnya yang menarik dan lengkap. Meskipun begitu, kecepatan internet pada Mozilla Firefox juga menjadi salah satu unggulan. Terlebih lagi ketika pihak Mozilla membuat versi terbaru dari Firefox yaitu Firefox Quantum yang diklaim memiliki kinerja lebih cepat.

3. Opera

Opera bisa dibilang sebagai aplikasi browser terbaik dan tercepat berikutnya. Meskipun tidak sepopuler dua browser sebelumnya, tetapi opera tetap menjadi browser yang paling direkomendasikan. Browser ini dirilis pada tahun 1995 dan menjadi browser tertua yang masih aktif dikembangkan.

Opera dinominasi sebagai browser tercepat dan ringan baik pada smartphone, ataupun personal computer. Hal inilah yang menjadikan Opera masih diminati hingga saat ini. Selain itu, Opera juga telah menyediakan fitur VPN sendiri, sehingga penggunanya tidak perlu menginstal VPN secara terpisah.

4. Vivaldi

Vivaldi merupakan browser baru yang dikembangkan oleh Tatsuki Tomita dan Jon Stephenson von Tetzchner yang merupakan co-founder dan CEO Opera Software. Aplikasi ini rilis pada tahun 2016. Vivaldi diciptakan demi memenuhi ketidakpuasan penggemar Opera pasca peralihan sistem Presto ke Chromium yang menghilangkan sejumlah fitur ikonik Opera.

Daya tarik Vivaldi ada pada beberapa fitur menarik yang tidak ada pada browser lain. Seperti fitur tab group, screenshoot, menyimpan sesi browser dan sebagainya. Browser ini juga menjadi browser yang paling cepat dan responsif dibandingkan browser lainnya dengan memori yang dikelola secara baik.

5. Microsoft Edge

Microsoft Edge adalah browser yang diciptakan perusahaan Microsoft untuk menggantikan Internet Explorer yang sudah usang. Browser ini dirilis pertama kali pada tahun 2015 teruntuk Windows 10 dan Xbox One. Pada tahun 2017, browser ini mulai merambah ke sistem operasi Android dan iOS.

Browser ini memiliki sistem UI yang minimalis, sehingga membuatnya semakin nyaman berlama-lama di depan browser. Microsoft Edge juga dilengkapi dengan fitur blokir iklan untuk memaksimalkan kinerja browser. Selain fiturnya yang menarik, browser ini juga mendukung kecepatan internet dengan baik dan stabil.

Ada banyak aplikasi browser terbaik dan tercepat dari MOXY yang tersebar di seluruh dunia. Tetapi setiap browser tentu saja memiliki kelemahannya. Dengan memilih browser secara tepat, tentu saja akan meningkatkan efektifitas penggunaan internet. Pilihlah browser secara bijak sesuai kebutuhan dan kemampuan perangkat yang dimiliki.

Leave a Comment